Petugas Puskesmas Diajarkan Cara Menulis

In Metropolis
pelatihan dari dinas kesehatan
BERI PELATIHAN : Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina membuka Workshop Penulisan Berita yang diadakan di Aula Dinkes. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok megadakan keiatan workshop penulisan berita bagi petugas Puskesmas se-Kota Depok di Aula Dinkes, Selasa (11/2).

Pada kegiatan tersebut, 38 petugas Puskesmas ikut serta mengikuti pelatihan. Sekretaris Dinkes Kota Depok, Rani Martina mengatakan, pelatihan dibuat agar petugas Puskesmas ikut menyosialisasikan program–program kesehatan di Depok.

Rani mengatakan, puluhan peserta yang hadir tersebut merupakan operator Administrasi Kesehatan (Adminkes). Nantinya,informasi yang diolah menjadi berita, akan diunggah di website Dinkes Depok.

“Kami berharap, semua petugas dapat menerima materi dengan baik dan dapat menuliskan berita kegiatan di puskesmas nantinya,” ucapnya, Selasa (11/2).

Dia mengungkapkan, selain kemampuan menulis berita, peserta pelatihan  juga akan mendapatkan sosialisasi terkait Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Kedua materi tersebut, disampaikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok.

“Ada dua pelatihan yang diberikan, penulisan berita dan PPID,” bebernya.

Sementara itu, pengajar penulisan berita dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Retno Yulianti menyampaikan teori dan trik menulis berita dengan mudah.

“Dalam pelatihan ini kami menekankan unsur 5W+1H, What (Apa), Who (Siapa), Where (Di mana), When (Kapan), Why (Mengapa), dan How (Bagaimana) dalam penulisan sebuah berita,” terangnya.

Dia menambahkan, semua bahan yang didapatkan, ditulis dengan struktur model piramida terbalik dengan memprioritaskan informasi penting.

Selanjutnya, body atau bagian tengah berisi uraian data, sementara bagian kaki atau bawah berita berisi deskripsi atau keterangan penguat dalam berita. “Dari sini, baru kita bisa menentukan judul yang menarik,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

bersama ulama bangun depok

Berrsama Ulama dan Santri, Idris-Imam Bangun Depok

MUNAJAT : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat berdoa bersama pimpinan

Read More...
pradi siap berkantor

Pradi Siap Ngantor di Kelurahan

DEKLARASI : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat menghadiri agenda di Kampung Banjaran

Read More...
impro camper 3

Melihat Kreasi IMpro Camper Van Kota Depok : Siap Gandeng Pemkot, Patenkan Identitas (3-Habis)

KREATIF : Salah satu tim IMpro Camper Van saat duduk di dalam mini bus yang

Read More...

Mobile Sliding Menu