penetapan hari pemilu 2020
LAUNCHING TAHAPAN PILKADA : (kiri ke kenan) Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, Ketua KPU RI Arief Budiman, Komisioner KPU RI Ilham Saputra, dan Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna melaunching Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok 2020 di Pesona Square, Minggu (9/2). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
penetapan hari pemilu 2020
LAUNCHING TAHAPAN PILKADA : (kiri ke kenan) Ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifqi Ali Mubarok, Ketua KPU RI Arief Budiman, Komisioner KPU RI Ilham Saputra, dan Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna melaunching Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok 2020 di Pesona Square, Minggu (9/2). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bertepatan dengan Hari Pers Nasional (HPN). KPU Kota Depok melaunching tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Depok tahun 2020. Mengusung tagline Pilkada Depok ‘Santuy’. Peresmian tersebut ditandai dengan penekanan tombol oleh KPU RI, Arif Budiman, didampingi Anggota DPR RI, Ilham Saputra, Komisioner KPU Jawa Barat dan jajaran KPU Kota Depok, di Mall Pesona Square, Jalan Juanda Raya, Kecamatan Sukamajaya, Minggu (9/2).

Ilham Saputra mengatakan, jajaran KPU Kota Depok sebagai penyelenggara Pemilu tingkat Kota Depok, untuk dapat melaksanakan Pilkada secara baik dan lancar.

“Dengan dilaunchingnya tahapan ini, kami dari KPU RI berharap lembaga penyelenggara Pemilu di tingkat Kota Depok dapat berupaya semaksimal mungkin,” kata Ilham kepada Radar Depok, Minggu (9/2).

Dia berharap, masyarakat dapat berperan aktif, dalam hal mengikuti semua tahapan. Dan saat hari H untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilihnya dengan baik. “Sebab, satu suara sangat menentukan untuk memilih pemimpin kedepan,” ucap Ilham.

Sementara, Ketua KPU Nana Shobarna mengaku, bersyukur dengan antusias masyarakat untuk menghadiri launching tahapan Pilkada Depok 2020. Bahkan, dari 150 kursi yang disiapkan, seluruhnya terisi penuh. “Itu belum yang berdiri, juga masyarakat yang menyaksikan dari lantai atas,” kata Nana.

Ia pun menghaturkan terima kasih kepada Ketua KPU RI, Anggota KPU RI, dan Anggota KPU Jabar yang menyempatkan hadir pada agenda KPU Kota Depok. “Alhamdulillah, Pak Arif dan Pak Ilham hadir. Dan Ketua KPU RI memencet tombol untuk menandakan dilaunchingnya tahapan Pilkada Depok 2020,” papar Nana.

Dia menambahkan, maksud dari tagline tersebut adalah Sinergi, Aman, Tertib, Ulung, Netral dan Integritas (Santuy). Ia menjelaskan, pada Pilkada 2020, pihaknya membuat beberapa program.

“Tahun ini kita juga melakukan beberapa Program diantaranya Kampung Demokrasi, Duta Pemilih dan Relawan Demokrasi, Pilkada TV, Saba Pemilih. Semua merupakan program dalam rangka sebagai strategi peningkatan partisipasi pemilih dalam pilkada Kota Depok, tahun 2020,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan menggelar kegiatan lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, terutama kaum milenial. sehingga, KPU berharap kepada semua elemen masyarakat untuk ikut serta. Dan membantu dalam menyukseskan Pilkada agar dapat berjalan aman dan tertib

“Kami memohon dan berharap kepada semua elemen masyarakat untuk membantu kami menyukseskan Pilkada Kota Depok, berjalan aman dan tertib,”katanya.

Pada kesempatan tersebut, Nana Shobarna juga menyampaikan tingkat partisipasi pemilih Kota Depok pada Pilpres 2019 mencapai angka 83,92  persen, Pileg 79,91 persen, DPD RI 78,68 persen, DPRD Provinsi 78,60 persen dan DPRD Kabupaten/Kota 82,93 persen.

“Alhamdulillah walau masih terdapat kekurangan, namun dapat dilalui dengan aman, damai, lancar, sukses tanpa akses,” tegasnya.

Sedangkan dalam kasus sengketa pemilu, dia menyampaikan KPU Kota Depok, hanya terdapat tiga sengketa, dua sengketa diselesaikan di Bawaslu Kota dan satu sengketa di Bawaslu RI.

“Kami mampu menjalankan KPU Kota secara baik, sengketanya cuma ada tiga dua diselesaikan di Bawaslu Kota dan satu di Bawaslu RI, Alhamdulillah ini berkat kita semua,” bebernya.

Masih pada kegiatan yang sama, KPU Kota Depok juga launching maskot bernama ‘Si Delos’ Atau Depok mencoblos di Pilkada 2020. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)