ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, saat sudah menyediakan 923 kios untuk pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Pengadaan kios tersebut sebagai wujud program 1.000 kios yang dibesut Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Pemerintah akan selalu mendukung kegiatan ekonomi kreatif di Kota Depok. Untuk itu, akan terus berupaya untuk mewujudkan program 1.000 kios di tahun 2020, program yang di canangkan oleh Pak Walikota,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok M. Zamrowi.

Zamrowi menjelaskan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok hingga saat ini telah merampungkan pembuatan 923 kios, bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok. Pada tahun 2020, rencananya kios tersebut akan di tambah lagi 77 unit kios.

“Pengadaan kios UMKM sudah dimulai sejak tahun 2017, dengan total 200 unit. Kemudian 2018 ditambah lagi 423 unit, sehingga totanya menjadi 623 unit, dan tahun 2019 menjadi 923 unit kios,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk pengerjaannya dilakukan secara bertahap, dengan target penyelesaian di tahun 2020. Kios yang dibuat tahun 2019 juga masih memiliki jaminan pemeliharaan, serta pengerjaannya diawasi langsung oleh konsultan pengawas. Sehingga hasilnya sesuai dengan yang direncanakan. Selain itu, desainnya agak berbeda dari tahun lalu yaitu menggunakan motif batik Depok.

Pemkot Depok juga terus mengingatkan pihak pasar modern, hotel dan tempat yang bukan fasilitas sosial (fasos), fasilitas umum (fasum) untuk menyediakan lahan bagi usaha mikro sebesar 2 persen.       Penyediaan tempat usaha tersebut diharuskan dan tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 18 tahun 2012 tentang UMKM.

“Pemkot Depok sudah memiliki peraturan yang mengharuskan pasar modern (mal) menyisihkan lahan sebesar 2 persen untuk pelaku UMKM di Depok. Selain itu, nantinya para pelaku usaha itu akan difasilitasi dari sisi keamanan seperti CCTV dan wifi gratis untuk menunjang penjualan secara online,” terangnya.

Rubiakto (IG : @rubiakto)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)