DIes natalis dan wisuda UI
KEBERSAMAAN: Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam kegiatan Dies Natalis dan Wisuda Program Sarjana dan Vokasi Universitas Indonesia di Balairung Universitas Indonesia, kampus Depok, Sabtu (1/2). FOTO : TANYA AUDRIATIKA/RADAR DEPOK
DIes natalis dan wisuda UI
KEBERSAMAAN : Ketua DPR RI, Puan Maharani dalam kegiatan Dies Natalis dan Wisuda Program Sarjana dan Vokasi Universitas Indonesia di Balairung Universitas Indonesia, kampus Depok, Sabtu (1/2). FOTO : TANYA AUDRIATIKA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK — Ketua DPR Puan Maharani mengikuti Dies Natalis Ke-70 Universitas Indonesia (UI) di gedung Balairung UI, Depok, kemarin (1/2). Dalam acara yang juga merupakan wisuda program sarjana serta vokasi tahun akademik 2019–2020 itu, Puan memberikan kuliah umum.

Bahasannya antara lain adalah Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law. ”Ada tiga omnibus law inisiatif pemerintah yang akan diserahkan ke DPR. Yaitu terkait dengan cipta lapangan kerja, perpajakan, dan penetapan ibu kota baru Indonesia,” kata Puan.

Omnibus law masuk dalam produk legislasi nasional (prolegnas) prioritas DPR tahun ini. DPR, jelas Puan, membuka diri untuk masyarakat, para akademisi, pakar, dan perguruan tinggi supaya bisa memberikan masukan-masukan soal omnibus law.

Puan berharap omnibus law tidak hanya membawa sejarah baru bagi kehidupan berbangsa dan bernegara, tapi juga menghadirkan manfaat bagi masyarakat Indonesia. ”Karena itu, UI kami harap ikut berperan memberikan masukan apa pun berkaitan dengan implementasi omnibus law,” tuturnya.

Rektor UI, Ari Kuncoro juga menyampaikan, perubahan teknologi yang dinamis telah berpengaruh pada cara melakukan komunikasi. Salah satunya mengubah peran dosen dan mahasiswa. Akibatnya bagi pendidikan tinggi, yakni hilangnya dinding dan batas ruang kelas, kampus, wilayah, bahkan negara, yang berdampak pada efisiensi dan efektivitas proses belajar mengajar.

Salah satunya yang berkembang dan semakin populer adalah, metode Massive Open Online Courses (MOOCs). Yakni, menciptakan forum interaktif antar siswa dan pengajar. Sehingga membawa dampak pada pengelolaan sistem pendidikan. “Untuk itu UI mengintensifkan penggunaan e-learning dalam metode pembelajarannya,” tutupnya.

Pantaun Radar Depok, Universitas Indonesia menggelar secara bersamaan upacara wisuda dan peringatan Dies Natalis UI ke-70 di Balairung Universitas Indonesia. Upacara wisuda dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pukul 08:30 WIB dan sesi kedua pukul 14:00 WIB. Pada sesi kedua terlihat Ketua DPR RI, Puan Maharani hadir memberikan kuliah umum terkait Omnibus Law, dan Rektor UI, Ari Kuncoro, memimpin upacara Wisuda dan Dies Natalis. (rd)

 

Jurnalis : Tanya Audriatika

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)