Beranda Satelit Depok Puskesmas Tapos Tegaskan KTR

Puskesmas Tapos Tegaskan KTR

0
Puskesmas Tapos Tegaskan KTR
SOSIALISASI : Petugas sedang melakukan sidak Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di 10 kawasan di Kecamatan Tapos, Jumat (28/2). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
Puskesmas tapos untuk KTR
SOSIALISASI : Petugas sedang melakukan sidak Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di 10 kawasan di Kecamatan Tapos, Jumat (28/2). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TAPOS – Pemkot Depok terus mengingatkan warganya terkait Perda Kota Depok No. 2 tahun 2020 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Jumat (28/2), Puskesmas Tapos bersama perwakilan dinas dan Satpol PP kecamatan melakukan sidak di 10 lokasi KTR.

Bagian Promkes Puskesmas Tapos, Ayu Tiara D mengungkapkan, sidak dilakukan keliling di daerah Kecamatan Tapos bersama perwakilan dari Dinas Kesehatan, DPAPMK, Sekda, dan Satpol PP Kecamatan.

“10 lokasi yang kita adakan sidak diantaranya, lima tempat ibadah dan lima area bermain anak termasuk TK, PAUD dan taman terbuka hijau,” ucapnya kepada Radar Depok, Jumat (28/2).

Ia mengungkapkan, selama berlangsungnya sidak emang tidak menemukan secara langsung orang yang sedang merokok, tetapi masih banyak ditemukan puntung rokok di tempat-tempat umum.

“Untuk real perokoknya tidak ditemukan, tetapi hampir diseluruh lokasi yang kita adakan sidak kami masih menemukan banyak sekali puntung rokok,” jelanya.

Sidak ini dilakukan serempak untuk menegakkan Perda Kota Depok No. 2 tahun 2020 tentang KTR. Sehingga, sambung dia,  Untuk pembinaan, pihaknya lakukan penempelan sticker KTR atau himbauan dilarang merokok, serta pemasangan spanduk di salah satu PAUD dan tempat ibadah.

“Kami juga berikan fotokopi Perda agar pengelola mengerti dasar hukumnya sehingga nantinya bila ada perokok yang merokok di KTR, dapat dilakukan peneguran,” tuturnya.

Sidak KTR ini setiap tahun dilakukan, hanya saja teknis nya berbeda, diharapkan pengelola agar lebih aware juga untuk membina KTR mereka sendiri .

“Hanya saja, untuk Puskesmas pun harus melakukan pembinaan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di wilayah kerjanya, sehingga Puskesmas pasti melakukan pembinaan PHBS yang di dalamnya juga mengandung poin tentang rokok di setiap tahunnya,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)