lokmin lintas sektor puskesmas sawangan
AGENDA : Situasi berlangsungnya Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor pada bulan pertama di Kantor Kecamatan Beji. Foto : DEVINA/RADAR DEPOK.
lokmin lintas sektor puskesmas sawangan
AGENDA : Situasi berlangsungnya Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor pada bulan pertama di Kantor Kecamatan Beji. Foto : DEVINA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, BEJI – Unit Pelaksana Teknis Dinas Daerah (UPTD) Puskesmas Kecamatan Beji, menyelenggarakan Lokakarya Mini Tribulanan Lintas Sektor, di Kantor Kecamatan Beji, Depok. (6/1)

Kepala Puskesmas Kecamatan Beji, Yuliani mengatakan, lokakarya tersebut dilaksanakan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Kecamatan Beji, serta menguatkan koordinasi antar UPTD di kelurahan.

Yuliani mengatakan, butuh adanya dukungan dari jajaran pemerintah kecamatan dalam hal sosialisasi pentingnya kesehatan bagi masyarakat, dalam pembahasan mengenai Laporan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) setiap kelurahan.

“Puskesmas tidak dapat meningkatkan derajat kesehatan tanpa dukungan dari para stakeholder di bidang kesehatan maupun non-kesehatan, maka dari itu perlu adanya dukungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Yuliani menjelaskan bagaimana pentingnya meningkatkan Indeks Keluarga Sehat (IKS) di setiap kelurahan. Salah satunya, mengurangi kebiasaan merokok. “Merokok dapat mengurangi nilai IKS di setiap kelurahan, selain itu merokok bagi ibu hamil dapat menyebabkan anak bisa stunting,” tambahnya.

Ketua Forum Komunikasi Kecamatan Sehat, Sutrisna, menanggapi terkait dukungan pemerintah kecamatan tingkatkan peran serta masyarakat terhadap kesehatan di Beji.

“Itu semua terkait sosialisasi kepada masyarakat sendiri. Jadi ranah sosialisasi ditargetkan kepada anak-anak sekolah, ibu-ibu pengajian, dan perkumpulan-perkumpulan, terkait bahaya penyakit menular dan pentingnya pencegahan,” katanya kepada Radar Depok.

Menurutnya, untuk mengurangi kesenjangan kesehatan di Beji, butuh adanya dukungan dari segala sisi. Tak hanya pihak pelayanan kesehatan dan pemerintah saja, namun lingkungan turut penting.

“Maka dari itu, kita sebagai warga Depok, harus saling mengingatkan pentingnya kesehatan. Bukan hanya upaya pemerintah saja, namun faktor lingkungan masyarakat sangat berpengaruh pada pola pikir kita,” tuturnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)