RSUD Kota Depok  Membuka 2 Cabang Baru dengan Fasilitas Kesehatan Terbaik

In Ruang Publik

Oleh  : Desya Rona Sagita

Mahasiswa STIKIM Jakarta

Desentralisasi kesehatan adalah penyerahan kekuasaan pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada daerah otonom berdasarkan asas otonomi yang melingkupi pembangunan kesehatan. Suatu fungsi pemerintahan yang bertanggung jawab atas kesejahteraan penduduk, yang berkaitan dengan kepercayaan penduduk terhadap aktifitas pemerintah, khususnya di bidang kesehatan. Ada tiga perihal yang menjadi komponen dalam desentralisasi kesehatan yaitu formulasi kebijakan kesehatan antara lain visi dan arah sistem kesehatan daerah, regulasi menetapkan aturan di bidang kesehatan, dan kemampuan atau keterampilan dalam menilai kinerja dan membagi informasi yang berkaitan dengan kesehatan. Jadi salah satu peran pokok pengarah adalah merumuskan dan menetapkan kebijakan arah pembangunan kesehatan contohnya RSUD Kota Depok.

Di RSUD telah mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Depok untuk membangun rumah sakit tambahan dengan fasilitas kesehatan dan obat-obatan yang memadai. Tujuan dibangunnya rumah sakit umum daerah di kota Depok yaitu agar masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan dan dapat meningkatakan derajat kesehatannya. RSUD cabang baru yang akan dibuka terletak di Jalan Raya Muchtar No. 99, Sawangan Lama Kecamatan Sawangan Kota Depok, Jawa Barat.

Dengan adanya pembangunan rumah sakit tersebut dapat meningkatkan derajat kesehatan bagi warga Depok yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan tetapi keterbatasan biaya. Dengan adanya rumah sakit ini agar masyarakat Depok dapat berobat di rumah sakit umum daerah kota depok dengan menggunakan asuransi kesehatan. Meskipun tidak semua masyarakat memiliki asuransi kesehatan yang dapat digunakan di bidang kesehatan tetapi masyarakat dapat menggunakan dalam jalur pelayanan kesehatan mandiri. Hal yang dapat diminimalisir dalam pembangunan RSUD Kota Depok ini yaitu dapat mengurangi jumlah antrian yang sebelumnya bisa kita lihat di RSUD Kota Depok yang lama sangat banyak pasien yang mengantri di loket pendaftaran sampai ada yang mendaftar dari dini hari guna untuk mendapatkan pelayanan di RSUD Kota Depok. Meskipun sebelum pembangunan cabang RSUD Kota Depok sudah diadakannya pendaftaran online untuk meminimalisir jumlah antrian namun kenyataannya tidak efektif. Masih banyak saja pasien yang mengantri hingga berhari-hari. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Depok berupaya untuk membuka cabang Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok agar masyarakat Kota Depok tetap mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang baik.

Ada sisi lain, dalam pembangunan RSUD Kota Depok ini yaitu, puskesmas, klinik maupun rumah sakit di sejumlah Kota Depok memberikan sebuah rujukan ke RSUD Kota Depok, oleh karena itu RSUD Kota Depok perlu tambahan kamar perawatan, alat-alat kesehatan, obat-obatan, ruang rontgen dan radiologi melihat banyaknya pasien yang dioper oleh fasilitas kesehatan yang tidak memiliki alat-alat kesehatan yang memadai.

Dapat disimpulkan bahwa banyak keuntungan setelah RSUD Kota Depok membuka cabang rumah sakit baru yaitu, dapat membuka lapangan pekerjaan bagi tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat dan lain-lain yang baru lulus untuk ikut serta dalam pelayanan kesehatan, dengan adanya SDM yang berkualitas dapat meningkatkan mutu rumah sakit, peningkatan fasilitas kesehatan seperti teknologi canggih dalam melakukan pelayanan kesehatan seperti di ruang laboratorium, ruang radiologi, dan ruang operasi.

Jaminan yaitu mencakup pengetahuan, kemampuan, kesopanan serta sifat yang dapat dipercaya dan dimiliki oleh para staf bebas dari bahaya, risiko, dan keragu-raguan. Jasa layanan yang berhubungan dengan ketanggapan dan kemampuan petugas dalam memenuhi kebutuhan pasien dan petugas dalam memenuhi kebutuhan pasien dan komunikasi  pasien dan petugas termasuk didalamnya sifat ramah, rendah hati dan kesungguhan. Didalam segi pembiayaan asuransi kesehatan sangat menjadi masalah dibidang kesehatan.

Diharapkan dengan adanya pembangunan cabang RSUD Kota Depok ini dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di RSUD Kota Depok agar membangun citra dan image rumah sakit dan memperbaiki persepsi buruk RSUD Kota Depok yang terkenal dengan pelayanan kesehatan oleh SDM yang kurang baik. Dengan adanya teknologi canggih dalam rumah sakit tersebut maka diharapkan masyarakat untuk mendapatkan kemudahan dalam memeriksakan kesehatannya. Tujuan dibangunnya cabang rumah sakit umum kota depok agar kota Depok menjadi lebih sehat, dan mendapatkan keuntungan bagi pemerintah kota Depok dalam mengurangi angka kematian, penyakit berisiko, epidemiologi penyakit menular dan tidak menular.

You may also read!

Jadwal dan lokasi Pemadaman Listrik di Kota Depok Jumat, 23 Oktober 2020

  RADARDEPOK.COM - PLN (Persero) menginformasikan jadwal pemeliharaan jaringan listrik berupa aktivitas pemadaman sementara secara bergilir di Kota Depok pada

Read More...
guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu