Sangkar Semut RW20 Baktijaya : Tumbuhkan Literasi, Sampaikan Materi dengan Gerakan (3-Habis)

In Metropolis
boks sangkar semut 3
LITERASI : Sejumlah anak Sangkar Semut saat dikunjungi Lurah Baktijaya Raden Iwan ke Literasi Anak Sangkar Semut RW20 Baktijaya, di Taman Kelurahan Baktijaya, beberapa waktu lalu. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Merasa menjadi bagian dalam mencerdaskan generasi bangsa, komunitas Sangkar Semut berkolaborasi bersama Karang Taruna RW20 Kelurahan Baktijaya, membangun tempat literasi dengan pengemasan sederhana.

Laporan: Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Sebuah tempat menyimpan buku-buku yang lebih mirip kotak telepon umum di eropa berwarna merah, menghiasi Taman Baktijaya setiap hari menjelang sore di Kawasan Pelni Kecamatan Sukmajaya.

Tawa riang remaja dan anak bercampur menikmati setiap cerita yang terdapat dalam buku. Ketua Karang Taruna RW20, Nanda Setiawan menilai, anak-anak akan cepat bosan jika hanya membaca.

“Maka itu saya sertakan gerakan. Bisa membuat anak-anak senang, lebih tertarik untuk kembali datang ke tempat ini,” ungkap Nanda kepada Radar Depok.

Sikapnya yang bersahabat serta tutur katanya yang ceria mampu menarik perhatian. Anak-anak pun tampak terkesima menyimak materi yang disampaikan Nanda.

“Menurut saya, literasi penting bagi anak sedini mungkin. Tidak hanya melatih imajinasi, berliterasi juga mampu mengenal emosi mereka,” katanya.

Sebelum anak mampu membaca, terdapat fase yang tidak boleh ditinggalkan, yakni mendengarkan dan berbicara. Dijelaskan Nanda, membaca harus sesuai usia. Misalnya pada anak berusia satu sampai dua tahun, harus lebih dimanjakan dengan gambar-gambar yang menarik.

“Teksnya cukup dua sampai tiga kata. Begitu seterusnya sesuai perkembangan usianya,” beber Nanda sambil menyeruput kopi hitam.

Yang paling bermanfaat adalah kisah anak-anak yang pernah bercengkarama dengan dirinya. setiap anak yang mempunyai karakter berbeda tentu akan membawa pengalaman dan cara yang berbeda pula.

“Hal ini paling menarik, selalu ada pengalaman baru yang di tunjukan anak-anak,” tutupnya sambil berjabat tangan menyudahi perbincangan sore itu di taman Kelurahan Baktijaya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Jadwal dan lokasi Pemadaman Listrik di Kota Depok Jumat, 23 Oktober 2020

  RADARDEPOK.COM - PLN (Persero) menginformasikan jadwal pemeliharaan jaringan listrik berupa aktivitas pemadaman sementara secara bergilir di Kota Depok pada

Read More...
guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu