dokcil SDN Beji 2 juara
KEJUARAAN: SD Negeri Beji 2 Kota Depok menjadi Juara 1 Dokter Kecil tingkat Kecamatan Beji, Desember 2019. FOTO : SDN BEJI 2 FOR RADAR DEPOK
dokcil SDN Beji 2 juara
KEJUARAAN : SD Negeri Beji 2 Kota Depok menjadi Juara 1 Dokter Kecil tingkat Kecamatan Beji, Desember 2019. FOTO : SDN BEJI 2 FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK — SDN Beji 2 Kota Depok meraih Juara 1 Dokter Kecil (Dokcil) tingkat Kecamatan Beji, belum lama ini. Acara yang diselenggarakan Puskesmas Beji ini, diikuti semua sekolah se-Kecamatan Beji.

Kepala SDN Beji 2, Suratmin menyebutkan, setiap sekolah diminta untuk mengirim satu siswa sebagai perwakilan. Dan sejak awal anak-anak sudah diarahkan untuk mengikuti kegiatan uks dan Dokter Kecil.

“Anak-anak yang terpilih menjadi Dokter Kecil dilihat dari peringkat kelas, keaktifan di kelas, serta peran orang tuanya,” ujarnya kepada Radar Depok, Senin (10/2).

Disamping itu, anak-anak diberikan pelatihan. Di antaranya, secara fisik, pelatihan terkait menciptakan suasana sekolah yang bersih, juga teori kesehatan. Diharapkan dapat memotivasi teman-temannya untuk ikut serta. Giat ini dikhususkan dari kelas III hingga VI. Biasanya diikutsertakan juga pelatihan dari kecamatan.

Dokter kecil ini sudah ada empat anak dan ditargetkan kedepannya mencapai 20 anak. Regenerasi juga disiapkan, biasanya setiap tiga sampai dua tahun sekali. Karena membutuhkan biaya pelatihan yang tidak sedikit. Untuk pelatihan khusus di sekolah biasanya mengundang tiap gugus, sehingga biayanya lebih ringan, hal tersebut akan segera kami terapkan.

Dia menambahkan, di bidang akademis, SDN Beji 2 sedang merintis untuk memajukan kualitas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), dengan bantuan peran orang tua dan kerja keras guru. Di antaranya, memperdayakan Penelitian Tindakan Kelas (Guru) agar lebih efektif dalam menggunakan waktu untuk mendidik.

“Saya juga memperdayakan orang tua agar semakin peduli dengan sekolah. Memang dibutuhkan kesabaran, ketelitian, dan kerja keras dari semua guru. Karena ia memang memiliki peran yang besar,” tutupnya.

Disarankan bagi orang tua yang mampu untuk mengikutsertakan anaknya les bimbel.(rd)

 

Jurnalis : Tanya Audriatika

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)