SDN Cipayung 2 Terapkan Belajar ‘Sarapan Pagi’

In Pendidikan
sarapan pagi SDN Cipayung 2
KBM : Kegiatan Belajar Mengajar di SD Negeri Cipayung 2, Jalan Raya Cipayung Jaya No. 12 Kecamatan Cipayung, Rabu (12/2). FOTO : TANYA AUDRIATIKA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG ─ Ada giat menarik di SDN Cipayung 2 sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung. Yaitu setelah kegiatan literasi, dilanjutkan giat Sarapan Pagi.

Guru Kelas VI, Ehwati menyebutkan, sarapan pagi yang dimaksud adalah memberikan materi soal yang sulit atau ingin difokuskan pada anak-anak. Kemudian sebelum KBM berakhir diberikan soal lagi, guna mengukur kemampuan siswa apakah sudah memahami materi yang dibahas.

Bagi yang mampu mengerjakan soal dibolehkan pulang, bagi yang belum akan diajarkan kembali. “Semisal hari ini membahas materi matematika tentang bangun ruang. Ketika sarapan pagi diberikan satu soal tentang bangun ruang. Setelah itu kita periksa. Sebelum selesai KBM juga diberikan soal lagi. Bagi yang belum bisa, akan diajarkan kembali,” ujar Ehwati kepada Radar Depok, Rabu (12/2).

Adapun giat literasi diadakan setiap hari, selama sepuluh menit. Ehwati menambahkan, giat literasi sebenarnya tidak hanya membaca saja.

“Literasi kan tidak hanya membaca saja ya. Di antaranya ada menulis, menyelesaikan masalah, dan mencari atau memberi solusi. Jadi sebenarnya kalau pengertian literasi hanya membaca, ya itu salah,” tuturnya.

Bagi kelas VI, diadakan kelas tambahan setelah KBM bagi anak inklusi, selama 30 menit. Membahas terkait materi yang mereka belum pahami. Serta giat ini tidak dipungut biaya sedikitpun. Terhitung ada lima anak yang kurang tengah menduduki kelas VI.

“Yang penting untuk kategori anak yang kurang, dia bisa membaca. Namun kita juga harus menggambarkan apakah dia paham atau tidak dengan apa yang dia baca,” ungkapnya.

Anak yang tergolong anak yang kurang juga diikutsertakan dalam Ujian Nasional, dan digabung dengan anak lain. Agar dia mendapatkan pelajaran dari teman-temannya, tidak hanya dari gurunya saja. Tidak ada perlakuan khusus bagi anak yang kurang, semua diperlakukan sama seperti yang lainnya.

“Kita selalu menanamkan kepada murid bahwa setiap manusia atau anak masing-masing diberi kelebihan oleh Allah,” ujarnya.

Selain itu, diadakan kegiatan Tutor Sebaya. Giat ini biasa dilakukan ketika KBM memerlukan kegiatan diskusi. Dalam giat ini dibuat beberapa kelompok diskusi.

Perlu diketahui, SDN Cipayung 2 sempat meraih sejumlah prestasi. Di antaranya Juara 1 Lomba Berkisah pada OSN 2019, Juara 1 Pildacil dan Juara 2 Adzan pada Loketa, dan Juara 1 Lomba Kawih pada Pasanggiri. (rd)

 

Jurnalis : Tanya Audriatika

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

bersama ulama bangun depok

Berrsama Ulama dan Santri, Idris-Imam Bangun Depok

MUNAJAT : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat berdoa bersama pimpinan

Read More...
pradi siap berkantor

Pradi Siap Ngantor di Kelurahan

DEKLARASI : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat menghadiri agenda di Kampung Banjaran

Read More...
impro camper 3

Melihat Kreasi IMpro Camper Van Kota Depok : Siap Gandeng Pemkot, Patenkan Identitas (3-Habis)

KREATIF : Salah satu tim IMpro Camper Van saat duduk di dalam mini bus yang

Read More...

Mobile Sliding Menu