SDN Pondok Terong 4 Miliki Pohon Geulis

In Pendidikan
Pohon geulis SDN Pondok Terong 4
LITERASI : Kegiatan literasi di salah satu Pojok Baca SD Negeri Pondok Terong 4, Jalan Makam No.66 Bojong Pondok Terong Kecamatan Cipayung, Rabu (12/2). FOTO : TANYA AUDRIATIKA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG ─ SDN Pondok Terong 4 memiliki program menarik, yaitu Pohon Geulis atau Gerakan Literasi. Pohon tersebut berisi kumpulan kertas kecil bertuliskan kesimpulan para siswa yang sudah melakukan giat literasi.

Kepala SDN Pondok Terong 4, Nuraini menyebutkan, ruang literasi atau perpustakaan dibagi dua dengan Musala. Sedangkan masa waktu peminjaman buku selama seminggu.

“Setelah anak membaca, masing-masing anak membuat kesimpulan di secarik kertas kecil, terkait buku yang sudah mereka baca. Selanjutnya, kertas tersebut ditempel di Pohon Geulis,” ucap Nuraini kepada Radar Depok, Rabu (12/2).

Adapun tujuan giat ini agar minat dan antusias anak soal membaca semakin meningkat. “Karena dari cover buku paket seragam yang ragam warnanya, mampu menarik minat baca anak. Intinya digalakan membaca harus benar-benar membuat anak senang dan antusias,” ungkapnya.

Selain itu, Nuraini juga menambahkan, di setiap kelas terdapat Pojok Baca atau Pustaka Mini, yang berisi Pohon Geulis dan beberapa buku bacaan.

“Diadakan pojok baca karena kalau hanya mengandalkan ruang literasi, kapasitas ruangnya tidak cukup untuk menampung banyak siswa,” pungkasnya.

Adapun giat literasi ini memang mendapat anggaran sebesar 20 persen untuk buku paket, dan lima persen buku literasi. Pihak sekolah menambahkan dengan membeli buku cerita rakyat, dan buku non fiksi. Giat literasi ini diadakan setiap hari, serta ada guru piket yang menjaga ruang perpustakaannya. (rd)

 

Jurnalis : Tanya Audriatika

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

bersama ulama bangun depok

Berrsama Ulama dan Santri, Idris-Imam Bangun Depok

MUNAJAT : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat berdoa bersama pimpinan

Read More...
impro camper 3

Melihat Kreasi IMpro Camper Van Kota Depok : Siap Gandeng Pemkot, Patenkan Identitas (3-Habis)

KREATIF : Salah satu tim IMpro Camper Van saat duduk di dalam mini bus yang

Read More...
pradi siap berkantor

Pradi Siap Ngantor di Kelurahan

DEKLARASI : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat menghadiri agenda di Kampung Banjaran

Read More...

Mobile Sliding Menu