Selamat Datang Bulan Rajab

In Ruang Publik

mimbar jumat 28 februari

 

Oleh: Ust. Imam Nafi Junaidi

Wakil Sekretaris PCNU Depok

 

KITA sekarang berada di bulan rajab, Allah memasukkan bulan Rajab sebagai salah satu bulan haram atau bulan yang dimuliakan. Dalam surat At Taubah ayat 36 Allah berfirman “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya ada empat bulan haram.

Bulan Rajab merupakan bulan agung, bulan istimewa dan bulan yang mulia. Orang Arab zaman dahulu memuliakan bulan Rajab melebihi bulan lainnya. Karena dibulan ini terdapat kucuran kebaikan, tetesan rahmat dan derasnya pahala dari Allah SWT. Dan dibulan ini juga bulan yang tenang, karena tidak ada peperangan pada bulan ini.

Bulan haram atau asyhurul hurum adalah empat bulan mulia di luar ramadhan, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Rajab merupakan salah satu bulan mulia yang dipilih Allah SWT. Bulan yang telah dimuliakan Allah SWT tentu bulan tersebut mempunyai keutamaan-keutamaan yang ada didalamnya. Ibadah-ibadah yang dilaksanakan dibulan ini mempunyai nilai yang mulia dibanding bulan-bulan selain bulan haram. Puasa yang dilakukan dibulan Rajab akan menjadi istimewa karena dilakukan dibulan yang istimewa. Dan tentunya sederet ibadah-ibadah yang lain seperti sholat, membaca Al-Qur’an, sedekah, membantu orang lain dan lain sebagainya.

Keistimewaan bulan Rajab juga terletak pada peristiwa monumental Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini terjadi pada bulan Rajab tahun 10 kenabian atau 620 Masehi. Itulah peristiwa bersejarah Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha kemudian menuju Sidratil Muntaha yang ditempuh hanya hitungan jam saja. Dari peristiwa Isra’ dan Mi’raj umat Islam menerima perintah shalat lima waktu. Peristiwa yang begitu agung sehingga diperingati setiap tahunnya oleh kaum muslimin diseluruh dunia Islam.

Nabi Muhammad SAW memberi bekal kepada kita ketika memasuki atau berada dibulan Rajab untuk memperbanyak membaca doa, Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syaban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan. Dari keterangan yang saya sampaikan diatas, sangat jelas bahwa bulan Rajab merupakan bulan istimewa dan tentunya mempunyai keistimewaan lebih dibanding bulan-bulan yang lain pada umumnya. Bulan ini adalah momentum kita untuk bangkit dari keterpurukan, meningkatkan kualitas diri, memperbanyak amalan-amalan ibadah, mendekatkan diri kepada Allah (taqarrub ilallah) dan maupun perbuatan baik (amal shalih) kita kepada sesama manusia. Siapa yang bisa menjamin bahwa kita akan bertemu lagi dibulan Rajab tahun berikutnya, maka kesempatan umur ini kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk berusaha sekuat tenaga mengisi bulan yang istimewa ini dengan ibadah ikhlas kepada Allah SWT. Wallahu a’lam. (*)

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu