Beranda Utama Sementara Ini, Arab Saudi Tutup untuk Kedatangan Umrah

Sementara Ini, Arab Saudi Tutup untuk Kedatangan Umrah

0
Sementara Ini, Arab Saudi Tutup untuk Kedatangan Umrah
ILUSTRASI
Ibadah umrah
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM – Pemerintah Arab Saudi sementara ini menutup pintu untuk jamaah umrah dari berbagai negara, dan tidak membolehkan siapa pun memasuki Masjid Nabawi.

Hal ini lantaran untuk menghindari penyebaran virus Korona atau Covid-19 yang kini makin merajalela merambah ke beberapa negara.

Seperti dilansir Kantor Berita Saudi Press Agency (SPA), Rabu (26/2), larangan untuk memasuki wilayah Saudi juga diberlakukan bagi warga asing yang berasal dari negara-negara berisiko tinggi terhadap virus Korona. Negara berisiko tinggi tersebur, ditetapkan khusus oleh otoritas kesehatan Saudi.

“Untuk sementara, pemerintah Saudi juga melarang penggunaan Kartu Identitas Nasional bagi warga Saudi dan negara-negar Teluk, untuk melakukan perjalanan dari dan ke Saudi. Kecuali, untuk warga Saudi yang saat ini berada di luar negeri, dan saat meninggalkan Saudi menggunakan kartu tersebut. Atau sebaliknya, warga Teluk yang saat ini berada di Arab Saudi, dan ingin kembali ke negaranya,” demikian penjelasan dari keterangan tersebut.

Untuk memperketat pengamanan terhadap risiko virus Korona, petugas di pintu Imigrasi akan memverifikasi asal negara turis tersebut. Sejumlah standar dan prosedur kesehatan untuk mencegah berjangkitnya wabah Covid-19, akan langsung diterapkan.

Tak hanya kedatangan, pemerintah Saudi juga melarang warganya untuk berkunjung ke negara-negara yang kini sedang dilanda wabah virus Korona.

Semua ketentuan ini bersifat sementara, dan akan terus dievaluasi mengikuti perkembangan.

Sekadar informasi, sampai saat ini, Arab Saudi belum memiliki satu pun kasus virua Corona.

Sedangkan Iran, tercatat sebagai negara dengan angka kematian tertinggi akibat virus Corona di Timur Tengah dengan 19 kasus, dari 139 kasus terjangkit. Negara Timur Tengah lainnya yang telah terinfeksi virus Covid-19 di antaranya adalah Irak, Kuwait, Bahrain, Uni Emirat Arab, Oman, Israel, Lebanon, dan Afghanistan. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)