Siagakan 20 Laptop Cadangan, 5.196 Peserta Putar Otak

In Utama
persiapan tes CPNS
PERSIAPAN : Sejumlah petugas melakukan persiapan menjelang Tes SKD penerimaan CPNS Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata, Selasa (11/2). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hari ini 5.196 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan memutar otak demi masuk menjadi abdi negara. Selama pelaksanaan nanti, Hotel Bumi Wiyata sudah menyiapkan fasilitas saat tes. Begitu juga dengan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, sudah mengoneksikan 300 unit laptop di Balairung Dwijosewojo.

General Manager Hotel Bumi Wiyata, Hesty Kemala Dewi mengatakan, sudah menyiapkan kapasitas 900 layout (laptop) yang dibagi dalam 3 sesi. “Setiap sesi dipersiapkan 300 layout, dimana kapasitas asli kami di balairung sebesar 600 pax,” katanya kepada Radar Depok, Selasa (11/2).

Menurutnya, persiapan dari pihak hotel sudah dilaksanakan. Pada prinsipnya Hotel Bumi Wiyata selalu memberikan pelayanan yang sama kepada pelaksana acara. “Kami sudah mengakomodasi segala persiapan, tinggal pihak penyelenggara CPNS yang melakukan penyettingan tempat,” tegasnya.

Hesty menyatakan, tak ada permintaan khusus dari Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Menurutnya, apabila ada permintaan khusus biasanya akan diusahakan untuk diakomodasi dengan baik.

Dia juga menyampaikan, pada penyelenggaran Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS yang pertama kali ini, akan dilaksanakan selama empat hari. “Balairung digunakan selama delapan jam per hari, dan pelaksanaannya dimulai tanggal 12 Februari,” paparnya.

Hotel Bumi Wiyata, kata Hesty, memiliki lahan parkir yang luas. Hal itu menurutnya, tak perlu ditakutkan para peserta seleksi. “Lahan parkir kami sangat luas. Kami bisa menampung ratusan peserta yang ingin parkir,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris BKPSDM Kota Depok, Mary Liziawati menerangkan, ratusan perangkat laptop sudah diatur bisa terkoneksi dengan internet oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Sedangkan server, sudah disiapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Kita juga menyiapkan laptop cadangan sebanyak 20 unit, guna mengantisipasi apabila terjadi kendala teknis saat pelaksanaan ujian,” katanya di Hotel Bumi Wiyata Depok, Selasa (11/2).

SKD kali ini, kata Mary, diselenggarakan sedari 12-15 Februari. Selama empat hari tersebut, ujian dibagi dalam 18 sesi. Rinciannya yaitu, Rabu sebanyak empat sesi, Kamis sebanyak lima sesi, Jumat sebanyak 4 sesi, dan Sabtu ada lima sesi. “Setiap sesi ada 300 orang, kecuali di hari Sabtu ada 87 orang,” bebernya.

Bukan hanya terkait persiapan sarana, Mary juga menambahkan, sudah melakukan rapat koordinasi bersama BKN, untuk mempersiapkan di hari H. Semua kegiatan di dalam ruangan ujian sepenuhnya menjadi tanggungjawab BKN.

“Adapun di luar itu, menjadi tugas BKPSDM Kota Depok, guna memastikan kelancaran dan kenyamanan peserta ujian. Seperti proses daftar ulang,” jelasnya.

Dalam monitoring tersebut, pihaknya juga melakukan simulasi ujian, terhadap 20 laptop yang sudah dipasang jaringan. Hasilnya, sambungnya, berjalan lancar dan tidak ada masalah. “Malam ini kami sterilkan ruangan ujian dan sarana lainnya. Besok pagi, kita buka kembali lalu ada uji coba terakhir guna memastikan tidak ada masalah saat pelaksanaan ujian,” katanya.

Sementara, L Fauziah salah satu peserta CPNS mengaku, nothing to lose dalam mengikuti SKD pertamanya ini. Ada 200an peserta yang mengikuti SKD yang diikuti formasinya. “Saya sangat berharap bisa lolos, tapi saya tidak ada persiapan khusus,” singkatnya.(rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra), Devina

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

bersama ulama bangun depok

Berrsama Ulama dan Santri, Idris-Imam Bangun Depok

MUNAJAT : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat berdoa bersama pimpinan

Read More...
impro camper 3

Melihat Kreasi IMpro Camper Van Kota Depok : Siap Gandeng Pemkot, Patenkan Identitas (3-Habis)

KREATIF : Salah satu tim IMpro Camper Van saat duduk di dalam mini bus yang

Read More...
pradi siap berkantor

Pradi Siap Ngantor di Kelurahan

DEKLARASI : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat menghadiri agenda di Kampung Banjaran

Read More...

Mobile Sliding Menu