Ilustrasi Imei ponsel
ILUSTRASI
Ilustrasi Imei ponsel
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Pekan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) rencananya memutuskan mekanisme yang dipakai untuk memblokir ponsel ilegal lewat regulasi International Mobile Equipment Identity (IMEI).

“Minggu (pekan) ini akan kita putuskan bersama-sama dengan para pimpinan operator seluler,” kata Menteri Kominfo Johnny G Plate

Kementerian akan mengadakan pertemuan dengan operator seluler pada Jumat (28/02). Dalam pertemuan tersebut, Kominfo dan operator seluler akan mengambil keputusan apakah menggunakan daftar putih (whitelist), atau daftar hitam (blacklist) untuk mengatasi ponsel ilegal.

Setelah itu, blokir IMEI akan berlaku efektif mulai 18 April 2020. Kementerian pekan lalu sudah mengadakan uji coba blokir IMEI dengan operator seluler, diwakili oleh XL Axiata, dengan sistem blacklist menggunakan EIR.

Uji coba tersebut belum menggunakan Sistem Informasi Basis Database IMEI Nasional (SIBINA). karena belum bisa dioperasikan sebagaimana mestinya. Kominfo akan mengadakan uji coba lengkap untuk blokir IMEI pada Maret mendatang. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)