pengerukan kali gede
PANTAU : Lurah Meruyung Lukman Zaelani, bersama stakdeholder lingkungan RW3 Kelurahan Meruyung, Limo memantau jalannya normalisasi Kali Gede, Senin (3/2). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
pengerukan kali gede
PANTAU : Lurah Meruyung Lukman Zaelani, bersama stakdeholder lingkungan RW3 Kelurahan Meruyung, Limo memantau jalannya normalisasi Kali Gede, Senin (3/2). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, MERUYUNG – Pemuda di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo bisa dicontoh dan diikuti. Kemarin, Karang Taruna (Katar) Meruyung dibantu menormalisasi Kali Gede di RW3. Pembersihan sedimen sampah dan lumpur itu bukan sekedar, nantinya kali tersebut akan diberdayakan jadi tambak.

Ketua Katar Kelurahan Meruyung, Fiqi Maulana mengatakan, akan mengerjakan projek pembuatan tambak ikan di Kali Gede. Dengan mengoptimalkan swadaya masyarakat dan bantuan dari pemerintah. Untuk langkah perdana, akan menggarap tambak sepanjang 300 meter. Namun, nanti akan dilanjutkan hingga 1,2 kilometer aliran Kali Gede di Meruyung.

Adapun jenis ikan yang akan dibididayakan dikawah Kali Gede diantaranya ikan Mas, ikan Patin dan beberapa jenis ikan lain. Sementara untuk perawatan dan pemeliharaan akan melibatkan semua anggota Karang Taruna. Selain tambak ikan, pihaknya juga akan membangun jogging track disisi aliran Kali Gede.

“Bibit ikan kami akan mengajukan ke Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan). Sedangkan pengadaan sarana prasarana lain seperti keramba dan lai-lain, akan dimusyawarahkan dengan jajaran kelurahan,” ujar Fiqi kepada Radar Depok, Senin (3/2).

Lurah Meruyung, Lukman Zaelani mengaku, akan mensupport secara penuh inisiatif jajaran Karang Taruna, yang akan mengoptimalkan aliran Kali Gede di wilayah RW3, menjadi tambak ikan.

“Ini terobosan positif dari anak anak Karang Taruna, dan sekarang sedang dilakukan pengerukan tanah yang mengendap dibidang kali, agar kedalaman Kali Gede kembali normal,” ujar Deden -sapaan akrab Lukman Zaelani-.

Menurutnya, untuk menyulap bidang kali menjadi tambak memang membutuhkan biaya, namun itu nanti akan dibahas lebih lanjut. Saat menormalisasi katar meminta bantuan DPUPR Depok. Dan sejak Sabtu (1/2) tim DPUPR sudah melakukan pengerukan. “Kita liat dulu semangat karang taruna sejauh mana keseriusan mereka menggarap projek ini. Kami sebagai aparatur Pemerintah tentu akan membantu memfasilitasi,” tandas Deden. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)