Tes IVA Tiap Enam Bulan di Kelurahan PGS

In Satelit Depok
kanker serviks dan mendeteksi sejak dini
KESEHATAN : Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok Elly Farida saat foto bersama dengan jajaran Kelurahan Kalimulya dan Jatimulya usai pemeriksaan IVA test di UPT Puskesmas Cilodong, Senin (10/2). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CILODONG – Mencegah kanker serviks dan mendeteksi sejak dini, perempuan usia produktif harus melakukan tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) tiap enam bulan. Senin (10/2), UPT Puskesmas Cilodong melakukan pemeriksaan utnu 50 kakum hawa dari Kelurahan Jatimulya dan Kalimulya.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok, Elly Farida mengatakan kegiatan sebagai peringatan Hari Kanker Nasional yang jatuh pada 4 Februari 2020.

“Kita harus waspada terhadap penyakit yang membayakan terutama kanker serviks, ini dilakukan agar wanita yang ada di kota depok terbebas dari bahaya kanker,” jelasnya yang juga Ketua TP PKK Depok, usai kegiatan.

Ia melanjutkan, dengan tes IVA, warga akan sangat terbantu untuk mengetahui gejala-gejala pada kanker sehingga bisa cepat diantisipasi.

Sementara, Kepala UPTD Puskesmas Kalimulya Dr Toni Hermawan menegaskan bahaya kanker bisa menyerang siapa saja, hari ini kami mendeteksi gejala-gejala tersebut.

Dalam melakukan pemeriksaan, Toni mengatakan bekerjasama dengan UPT Puskesmas Cilodong dalam menyediakan tenaga medis serta tempat pemeriksaan.

“Ada delapan tenaga medis dan dua ruang persalinan agar pemeriksaan berjalan dengan lancar,” jelasnya.

Toni menegaskan, bagi kaum perempuan di usia produktif agar melakukan pemeriksaan IVA test tiap enam bulan agar dapat terdeteksi dan cepat diambil langkah antisipasi.

“Hasilnya langsung keluar, ada yang terjangkit atau tidak. tapi alhamdulilah semua tidak ada yang terdeteksi,” paparnya

Ucapan terima kasih dilontarkan Ketua PKK Kelurahan Kalimulya Aning Sulistyowati.  Menurutnya, Tes Iva ini sangat membantu warganya di Kalimulya, terutama bagi yang kelas menengah ke bawah.

Dikatakannya, minimnya pengetahuan tentang kanker membuat warga harus berhati-hati terhadap bahaya kanker. Pola hidup yang sehat menentukan kesehatan warga.

“Saya menghimbau warga agar serius menjalankan pemeriksaan. jaga kesehatan kita, karena keluarga sangat membutuhkan peran kita sebagai ibu, istri, dan perempuan,” pungkasnya.(rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

bersama ulama bangun depok

Berrsama Ulama dan Santri, Idris-Imam Bangun Depok

MUNAJAT : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat berdoa bersama pimpinan

Read More...
pradi siap berkantor

Pradi Siap Ngantor di Kelurahan

DEKLARASI : Calon Walikota Nomor Urut 1, Pradi Supriatna saat menghadiri agenda di Kampung Banjaran

Read More...
impro camper 3

Melihat Kreasi IMpro Camper Van Kota Depok : Siap Gandeng Pemkot, Patenkan Identitas (3-Habis)

KREATIF : Salah satu tim IMpro Camper Van saat duduk di dalam mini bus yang

Read More...

Mobile Sliding Menu