Tunjangan Profesi Guru Jabar Rp8,4 Triliun

In Pendidikan
tunjangan guru jawa barat
PAMERKAN : Komisaris Bank Bjb Eddy Iskandar Muda Nasution (dari kanan), Direktur Utama Bank Bjb Yuddy Renaldi, Asisten Administrasi Setda Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat A, Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Cucu Sugyati, dan Asisten Pemerintahan, Hukum dan Kesejahteraan Sosial Setda Provinsi Jawa Barat Daud Achmad (kanan) memperlihatkan Bjb Mobile, di Trans Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat, 14 Februari 2020. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, BANDUNG – Tahun ini PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten, Tbk. (bank bjb) akan menyalurkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Banten senilai Rp 8,4 triliun. Bank bjb juga akan menyalurkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) 2020 untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) di wilayah Jabar dan Banten senilai Rp 5,4 triliun.

Demikian diungkapkan Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi, pada Gelar bjb Cinta Guru di The Trans Luxury Hotel, Jalan. Gatot Subroto, Bandung, belum lama ini.

Penyaluran tunjangan guru dan dana BOS tersebut merupakan kerjasama bank bjb dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. “Tahun ini bank bjb kembali dipercaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyalurkan tunjangan guru dan dana BOS,” tuturnya.

Setiap tahunnya bank bjb bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyalurkan dana Tunjangan Profesi Guru, Tunjangan Fungsional, Tunjangan Khusus dan Tunjangan Kualifikasi.

Menurut Yuddy, nominal penyaluran tunjangan guru melalui bank bjb terus meningkat dari tahun ke tahun. “Sebagai mitra utama pemerintah, sudah sepatutnya bank bjb memberi dukungan penuh terhadap berbagai inisiatif dalam memajukan kehidupan bangsa,” tuturnya.

Sebagai wujud kepedulian bagi guru, pada kesempatan tersebut bank bjb juga memberikan apresiasi bagi sejumlah guru, dengan tajuk bjb Cinta Guru. Apresiasi diberikan dalam bentuk tabungan dan 10 paket perjalanan religi.

Bersama dengan kegiatan tersebut, bank bjb juga meluncurkan bjb mobile. Yuddy mengatakan, layanan tersebut diluncurkan untuk menjawab tantangan industri perbankan di sektor digital dan mendukung gerakan nontunai yang dicanangkan pemerintah guna memudahkan transaksi nasabah.

“Hari ini kami luncurkan bjb mobile setelah mendapatkan approval dari OJK. Layanan ini juga sudah bisa digunakan untuk bertransaksi dengan lebih friendly,” tuturnya.

Bank bjb menargetkan, keberadaan bjb mobile tersebut dapat meningkatkan pengendapan dana murah, sehingga cost of fund juga menjadi lebih murah. Selain itu juga diproyeksikan untuk meningkatkan fee based income.

“Target kami, dengan adanya bjb mobile ini CASA (current account saving account) bank bjb akan naik menjadi 49%-50%. Sekarang masih 45%-47%,” kata Yuddy.

Direktur IT, Treasury, dan International Banking Bank BJB, Rio Lanasier, mengatakan, bjb mobile yang baru daja diluncurkan tersebut berbasis aplikasi, sehingga akan lebih memudahkan transaksi.

Namun, bank bjb juga masih menyediakan fitur SMS banking di dalamnya untuk melayani nasabah di wilayah yang belum terjangkau 3G. Fitur yang dapat dimanfaatkan dalam layanan bjb mobile, menurut dia, diantaranya adalah transfer ke sesama bank bjb, transfer ke bank lain, pembayaran tagihan pajak, retribusi atau tagihan lainnya, pembelian pulsa, dan top up e-money.

Untuk tahap selanjutnya, bank bjb mengembangkan fitur pembayaran di merchant dengan metode QR Code yang berstandarisasi QRIS. (rd)

 

Jurnalis : Fahmi Akbar (IG : @akbar.fahmi.71)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

Jadwal dan lokasi Pemadaman Listrik di Kota Depok Jumat, 23 Oktober 2020

  RADARDEPOK.COM - PLN (Persero) menginformasikan jadwal pemeliharaan jaringan listrik berupa aktivitas pemadaman sementara secara bergilir di Kota Depok pada

Read More...
guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu