Usulkan Gali Sejarah Depok di Belanda

In Metropolis
gali sejarah depok di belanda
TEMPAT BERSEJARAH : Pengendara sepeda motor melintas di salah satu tempat bersejarah di Kota Depok, yaitu Jembatan Panus yang terletak di Kecamatan Pancoranmas, Jumat (28/2). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kota Depok memiliki banyak sejarah yang masih terpendam. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok ingin menggali sejarah tersebut.

Salah satu upayanya mengajukan usulan melakukan penelusuran sejarah Kota Depok hingga ke Belanda. Usulan tersebut disampaikan saat Forum Rencana Kerja (Renja) Diskarpus Kota Depok guna mendapatkan literatur tambahan guna mendukung penelusuran sejarah.

“Penelusuran sejarah Kota Depok perlu dilakukan dalam penyusunan sejarah Depok. Maka masukan dari sejumlah stakeholder agar melakukan penelusuran, kami sambut baik,” ujar Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah di Gedung Perpustakaan Kota Depok, Jumat (28/2).

Menurut Siti, guna melakukan penelusuran, butuh tim khusus yang bertugas menggali sejarah Kota Depok. Tim tersebut terdiri dari para ahli sejarah yang bersertifikat.

“Tentunya perlu orang–orang yang berkompeten dalam melakukan tugas ini,” tuturnya.

Guna merealisasikan hal tersebut, pihaknya akan mengusulkan kegiatan penelusuran arsip ke Belanda yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun hal itu merupakan program jangka panjang.

“Saat ini prioritas kami lebih ke tertib arsip dulu di lingkungan Pemerintah Kota Depok. Penelusuran sejarah Kota Depok kami canangkan untuk program jangka panjang,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu