Wakil Walikota Depok Siapkan Investigasi

In Utama
turap longsor lanjutan
PROSES PERBAIKAN : Warga berada di dekat turap longsor yang dalam tahap perbaikan di kawasan perumahan Tirta Mandala, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Senin (17/2). FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Wakil Walikota Depok, Pradi Surpiatna mengaku akan segera membidik perizinan pascabencana banjir yang terjadi di Perumahan Tirta Mandala Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, dan longsor di Kelurahan Kalimulya tepatnya di Perumahan Puri bella.

Pradi menilai, kejadian tersebut diduga akibat dikeluarkannya perizinan perumahan yang tidak selektif. Turap ambrol di Kali Jantung yang berdampak ke perumahan Tirta Mandala hampir satu RW terendam luapan air, akibat lalainya aturan soal pendirian pembangunan yang letaknya berbatasan langsung dengan kali.

“Seperti soal amdal dan lainnya. Jadi sebenarnya yang seharusnya apabila zona tersebut sudah berbahaya jangan diberikan izin mendirikan perumahan,” kata Pradi kepada Radar Depok, Senin (17/2).

Selain itu lanjut Pradi, pihaknya juga akan melakukan investigasi soal longsor dan jalan putus di Kalimulya, sebab hal ini sangat merugikan warga. Pernyataan tersebut dikeluarkan atas dasar laporan warga sekitar, soal longsor akibat crossing jalan yang dilakukan salah satu pengembang tidak tuntas.

“Soal ini, saya akan investigasi, benar atau tidak laporan itu. Kita akan putuskan yang terbaik untuk masyarakat,” tegas Pradi.

Pradi mengatakan, Dinas Perizinan harus selektif lagi dalam mengeluarkan izin.

Sebelumnya, Ketua RW06 Nahwardi mengungkapkan bahwa longsor di lingkungannya akibat perumahan Puri Bella tidak tuntas dalam menyelasaikan crossingan saluran sehingga hujan yang datang akhir ini dengan intensitas rendah menghancurkan saluran tersebut.

“Sudah lama nggak dituntasin kerjaannya padahal sudah kami ingatkan. Sekarang Alhamdulillah diambil alih sama dinas terkait dari pemerintah kota,” ungkapnya.

Selain itu, tokoh masyarakat dan tokoh agama, KH Abu Bakar Madris juga mengakui Kota Depok bila dari struktur tanahnya memang gembur sehingga harus benar dijaga dan diperhatikan untuk menentukan titik agar tidak merugikan umat.

“Disinilah peran pemerintah sejauh mana menjaga itu semua. memberikan izin atas dasar kedekatan atau lain sebegainya tanpa melihat dampak yang dirugikan,” bebernya.

Bahkan lanjutnya, perumahan yang izinnya abal-abal, terlebih yang berdalil rumah syar’i tapi tidak menjaga keselamatan manusia maupun alam, tandanya itu tidak benar. Hal ini yang harus dihindari sehingga tidak merugikan siapapun.

“Namun terlepas semua itu, kita tidak bisa salahkan yang menjadi kehendak Allah, tapi wajib kita jadikan pelajaran agar tidak terulang,” ungkap Abu bakar.

Terdapat tiga RT di RW18 yang terdampak, di antaranya RT03, RT04, dan RT05. Namun, kini sudah menurun ketinggian airnya karena dilakukan penahanan sementara dari material turap ambrol.

“Sepanjang hari ini nggak ada yang kerja. sekarang kami inisiatif buat tarik kabel bikin lampu di sini biar terang, buat jaga-jaga,” papar Setyo warga RT04/RW18 saat ditemui di lokasi, Senin (17/02).

Bagi korban terdampak di Kalimulya sampai saat ini mencapai 25 KK yang diungsikan ke rumah tetangga atau sanak keluarga. Hal tersebur dikatakan Kabid Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam dan Penyelamatan Denni Romulo saat dihubungi Radar Depok.

“Tercatat ada 25 KK yang kami evakuasi bersama petugas lainnha karena jalan berbahaya untuk dilalui dan melakukan aktifitas. saat ini petugas terus berjaga di lokasi,” imbuhnya.

Sejauh ini pemerintah terus berupaya dalam menuntaskan bencana yang menerjang hingga menjatuhkan satu korban jiwa akibat tertimpa turap yang ambrol. (rd)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu (IG : @kelmanutuarnet)

Editor : Pebri Mulya (IG : @pebrimulya)

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu