Apa Bedanya Lockdwon, Isolasi, dan Karantina?

In Utama
Italia lockdown
KEPUTUSAN : Italia adalah negara yang menerapkan Lockdown, berkaitan dengan semakin menyebarnya virus Korona. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM – Kini virus korona atau bisa juga disebut Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Beberapa negara pun telah mengambil kebijakan lockdown demi mencegah penularan virus semakin luas.

Tak hanya lockdown, tapi ada juga beberapa kata tampak serupa yang kerap digunakan, seperti isolasi dan karantina selama pandemi virus corona berlangsung. Lantas apa sih bedanya?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah perbedaan antara lockdown, isolasi dan karantina.

 

Lockdown artinya apa?

Lockdown merupakan tindakan darurat atau kondisi saat orang-orang untuk sementara waktu dicegah memasuki atau meninggalkan area atau bangunan yang telah ditentukan selama ancaman bahaya berlangsung.

Beberapa negara yang telah menerapkan lockdown adalah Italia dan Denmark. Contoh dari kebijakan ini seperti meliburkan sekolah, dilarang bepergian, dan tidak boleh beraktivitas di area publik demi mencegah penyebaran virus.

 

Lalu isolasi itu apa?

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) isolasi berarti pemisahan. Artinya pemisahan yang dilakukan pada pasien infeksi penyakit dari orang-orang sehat di sekitarnya untuk menghindari terjadinya penularan.

Contohnya adalah pasien yang terbukti terinfeksi virus Korona akan diisolasi di dalam rumah sakit. Selain dapat mencegah penularan penyakit, pasien yang diisolasi juga akan ditangani dengan baik oleh tenaga medis yang andal hingga sembuh.

 

Lalu kalau karantina itu artinya apa?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) karantina adalah memisahkan dan membatasi pergerakan seseorang yang terpapar penyakit, tetapi tidak memiliki gejala. Tujuannya untuk mencegah kemungkinan adanya penyebaran penyakit.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan bagi yang merasa terpapar virus corona untuk melakukan karantina selama 14 hari. Salah satu karantina yang pernah dilakukan adalah karantina pemulangan 237 warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan ke Natuna. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ilustrasi begal depok

Warga Pangkalanjati Dibegal di Grogol

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - MA warga Jalan Cilobak II RT3/1 Kelurahan Pangkalanjati, Kecamata Cinere Kota Depok

Read More...
jokowi baru

Jokowi : Beruntung Sejak Awal Kita Pilih PSBB

Presiden Joko Widodo.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beralasan tentang dipilihnya Pembatasan Sosial Berskala

Read More...
ilustrasi sembuh korona

Akhirnya, Antibodi Virus Korona Ditemukan!

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Antibodi yang bisa menghalangi virus sudah ditemuka. Ini adalah kemajuan yang baik untuk perawatan

Read More...

Mobile Sliding Menu