Bayar PKB Lewat Koperasi

In Metropolis
bayar PBB lewat koperasi
PENANDATANGAN MOU : Walikota Depok Mphammad Idris melakukan penandatangan MOU dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengenai pajak kendaraan bermotor di Hotel Bumi Wiyata. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Guna meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat, khususnya yang ingin membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Badan Keunangan Daerah (BKD) Kota Depok, berencana untuk membuat metode baru dalam membayar PKB. Melalui koperasi.

Kepala BKD Kota Depok, Nina Suzana mengatakan, pihaknya sudah melakukan kajian dan membahas rencana tersebut dengan menggandeng Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Sebenarnya ini kerjasama Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) dan Pemkot  Depok. Kita dapat bagi hasil setiap tahunnya, Pemkot tentu harus punya andil. Salah satunya mendorong DKUM, agar koperasi yang ada bisa sekaligus menjadi loket pembayaran PKB,” ujar Nina, Minggu (1/3).

Dia mengungkapkan, tahun ini, Pemkot Depok mendapat bagi hasil dari PKB sebesar Rp600 miliar. Sedangkan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Depok mencapai Rp1,2 triliun.

“Angka ini setiap tahunnya meningkat seiring pertumbuhan ekonomi Kota Depok yang kian maju,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pajak Daerah I BKD Kota Depok, Endra menuturkan, pihaknya akan mendorong Pemerintah Provinsi Jabar, agar bisa membuka data terkait Wajib Pajak (WP). Nantinya, data ini bisa diintergrasikan melalui aplikasi sistem Samsat Mobile Jawa Barat (Sambara) dengan sistem yang dimiliki Pemkot Depok.

“Untuk teknisnya, DKUM akan berkoordinasi dengan Bappenda Jabar. Yang jelas mereka akan menunjuk koperasi yang siap secara bertahap karena harus dicek legalitas, pengawasan dan aspek lainnya. Kami sifatnya hanya mendorong,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu