Denda Pajak Kendaraan Bermotor Dihapus

In Metropolis
pajak kendaraan motor dihapus
MENGURUS PAJAK : Suasana antrean masyarakat di kantor Samsat Depok 1. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ada kabar gembira bagi warga Depok, kabar itu adalah program Triple untung yang dibuat Samsat Depok 1. Program ini merupakan langkah Samasat Depok 1 untuk menarik animo masyarakat untuk melaksanakan pembayaran pajak kendaraan bermotor, khususnya bagi wajib pajak yang menunggak pembayaran.

Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kota Depok 1, Ida Hamidah mengatakan, ada tiga keuntungan bagi masyakarat dalam program ini. Yaitu pertama, bebas pokok dan denda BBNKB II dan seterusnya. Kedua, bebas denda pajak kendaraan bermotor dan ketiga, bebas tarif progresif pokok tunggakan yang balik nama.

“Targetnya tentu kita ingin mendapat penerimaan dari sektor pejak kendaraan bermotor (PKB) yang tinggi dengan adanya program Triple Untung ini. Karena program ini sangat menguntungkan masyarakat,” kata Ida.

Dia mengungkapkan, program ini berlaku mulai 2 Maret 2020 hingga 30 April 2020. Selama program ini berlaku, apabila ada masyarakat wajib pajak (WP) yang belum membeabalik namakan kendaraan bermotor nya, sekarang dapat dilakukan dengan gratis.

Namun Ida menekankan untuk efisiensi waktu, Masyarakat WP dapat memanfaatkan layanan di aplikasi Samsat Jawa Barat (SAMBARA). Aplikasi ini dapat di unduh di playstore. Melalui aplikasi ini, dapat melihat nilai pajak yang harus dibayarkan ke negera. Masyarakat hanya butuh memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor.

“Di SAMBARA itu nanti tinggal masukan nomor polisi kendaraan, NIK KTP dan lima digit terakhir nomor rangka, maka nanti langsung kelihatan pajak pokok PKBnya berapa, adminnya berapa dan dendanya berapa. Nanti total bayarnya berapa ada disitu,” terangnya.

Selanjutnya klik tombol Bayar Online, nanti akan muncul kode bayar. Nah kode bayar, ini yang dibawa untuk bayar ke alfamart, indomart, tokopedia atau bukalapak. Kemudian setelah melakukan pembayaran, WP akan mendapatkan struk pembayaran. Kemudian struk pembayaran ini di perlihatkan ke petugas Samsat Depok 1, untuk pengesahan.

“Kalau pembayaran melalui SAMBARA ini kita perlakukan premium lah, ngga perlu antri di notice nya. Struk ini bisa juga ditukarkan di SAMLING di Outlet ITC. Dengan aplikasi ini WP tidak perlu berbondong-bondong lagi bayar di kantor,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu