kantor PKS disemprot
PENYEMPROTAN : Ketua DPC PKS Kota Depok, Moh. Hafid Nasir yang turun langsung menyemprot disinfektan di Jalan Margonda, Gang Beringin, Kelurahan Kemiri Muka, Beji dilakukan sterilisasi gedung menggunakan cairan disinfektan, Selasa (17/3). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
kantor PKS disemprot
PENYEMPROTAN : Ketua DPC PKS Kota Depok, Moh. Hafid Nasir yang turun langsung menyemprot disinfektan di Jalan Margonda, Gang Beringin, Kelurahan Kemiri Muka, Beji dilakukan sterilisasi gedung menggunakan cairan disinfektan, Selasa (17/3). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mencegah penyebaran Virus Korona, Kantor Sekretariat DPD PKS Kota Depok di Jalan Margonda, Gang Beringin, Kelurahan Kemiri Muka, Beji dilakukan sterilisasi gedung menggunakan cairan disinfektan, Selasa (17/3).

Ketua DPC PKS Kota Depok, Moh. Hafid Nasir yang turun langsung menyemprot disinfektan di kantor partai berlambang bulan sabit kembar ini menuturkan, apa yang dilakukan guna menindaklanjuti instruksi Presiden dan Surat Edaran DPP PKS tentang pencegahan penyebaran COVID-19 sekaligus juga merespon status penyebaran Virus Korona secara nasional.

“Maka, hari ini (Selasa 17/3),  kantor DPD PKS Kota Depok dilakukan sterilisasi Gedung dengan menggunakan cairan disinfektan,” tutur Hafid kepada Radar Depok.

Selain itu, lanjut Hafid, kegiatan-kegiatan yang dihadiri banyak anggota atau kajian-kajian Islam di kantor partai, sementara dihentikan selama dua minggu kedepan, sambil menunggu arahan selanjutnya.

“Namun, kegiatan-kegiatan rutin partai, seperti kesekretariatan dan rapat pengurus harian berjalan seperti biasa,” ujarnya.

Sebagai wakil rakyat, Hafid pun menghimbau menghadapi pandemi Virus Korona ini agar warga melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), yaitu sosialisasi gerakan memasyarakatkan budaya hidup bersih dan sehat harus ditingkatkan oleh pemerintah di semua jenjang, mitra Pemkot di semua bidang, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Salah satunya membiasakan mencuci tangan yang benar, bagi umat Islam lakukanlah wudhu secara baik, semoga menjadi cara untuk mencegah Virus Korona. Sosialisasi tersebut termasuk mencegah budaya dan perilaku masyarakat hidup tidak sehat,” tegas Hafid.

Ia menilai, dengan situasi dan kondisi wabah Virus Korona, tentu jangan membuat masyarakat panik yang berlebihan. Namun, tetap harus waspada dengan senantiasa mbanyak berdoa dan beribadah kepada Yang Maha Kuasa agar wabah ini segera berakhir

“Kemudian, pemerintah dan aparat penegak hukum harus tegas kepada  oknum penimbun masker dan hand sanitizer, karena perbuatan ini justru membuat suasana tidak nyaman dan barang tersebut digunakan pada pelayanan kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas,” paparnya.

Menurut dewan Dapil Pancoranmas ini, pemerintah sudah bagus dalam rangka mencegah atau langkah preventif,  dengan  menyosialisasikan secara resmi ruang crisis center Virus Korona, yang bertugas mengumpulkan data orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan melalui nomor wa crisis center yang sudah beredar

“Layanan Call Center 112 dan 119 juga harus lebih ditingkatkan agar setiap keluhan warga bisa segera diidentifikasi jika tanda-tanda infeksi virus Korona ada pada salah seorang warga,” katanya.

Hafid yang juga bakal calon Walikota dari PKS yang diamanahkan partai menghimbau agar warga menjalankan aktifitas seperti biasa, kedepankan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sebab, terdapat kandungan nutrisi yang bisa mencegah berbagai macam penyakit.

“Kemudian, membantu warga di sekitar jika ada tanda-tanda warganya terinfeksi Virus Korona dengan menghubungi nomor crisis center atau membawa ke puskesmas terdekat. Dan terakhir banyak berdoa kepada Allah SWT agar bangsa ini terhindar dari wabah Virus Korona,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya