Elektabilitas Lawan Rendah, PDIP Pede Menang

In Politika
PDI Perjuangan siap tumbangkan PKS
PENYEGARAN : Pengurus dan kader PDIP berfoto dengan perwakilan partai di Kota Depok dalam Musran serentak DPC PDIP Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji, Minggu (1/3). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pada Pilkada 2020, PDI Perjuangan (PDIP) Kota Depok siap menumbangkan dominasi PKS yang telah tiga periode memimpin Kota Depok.

Untuk mewujudkan itu, partai berlambang Banteng itu telah membangun koalisi dengan Gerindra. Bahkan, terus melakukan komunikasi dengan partai lain di Kota Depok.

Sejauh ini, PDIP telah membangun koalisi dengan Gerindra dan memberikan kursi walikota untuk partai yang digadang-gadang bakal mengusung Ketua DPC Partai Gerindra Kota Depok, Pradi Supriatna.

Sedangkan, kandidat wakil walikota dari PDIP masih berproses di tiga nama, yakni Habib Ahmad Riza Al Habsy, Ketua Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Kota Depok, Afifah Alliyah dan Ketua Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Chapter Depok, Bayu Adi Permana yang mendaftar ke partai besutan Megawati Soekarno Putri tersebut.

Hal itu pun diakui Sekretaris DPC PDIP Kota Depok, Ikravany Hilman. Ia mengungkapkan, meski bukan dari kalangan public figure. Namun, pihaknya optimis ketiga nama yang diusung nanti bisa berduet dengan Pradi.

Ketika disinggung bagaimana cara PDIP untuk mendongkrak elektabilitas ketiga kandidatnya itu, Ikravany enggan blak-blakan.

“Banyak caranya tapi enggak mungkin saya omongin,” katanya saat ditemui usai Musyawarah Ranting (Musran) Serentak PDIP Depok di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji, Minggu (1/3).

Ia mengatakan, pihaknya memiliki keyakinan dapat menumbangkan kandidat dari PKS, merujuk hasil survei internal. Bahkan, jika partai dakwah itu mengusung petahana, yakni Walikota Depok, Mohammad Idris, PDIP masih akan memenangkan pertarungan.

“Saya optimis melawan calon PKS, karena elektabilitasnya tidak tinggi. Misalnya Pak Idris mau maju lagi, dia kan incumbent dengan elektabilitas 20 persenan, padahal dia kuasai birokrasi, dia kuasai APDB. Kalau seorang petahana seharusnya surveinya di atas 50 persen,” katanya.

Selain sibuk dengan lobi-lobi politik ke sejumlah partai, PDIP juga tengah memantapkan kekuatan akar rumput. Salah satunya dengan melakukan agenda musyawarah anak ranting (Musran) serentak.

Ketua DPC PDIP Depok, Hendrik Tangke Allo mengungkapkan, para calon ketua ranting ini telah melakukan berbagai tahapan seleksi di antaranya fit and proper test. Hal ini penting, ketika pihaknya memutuskan mereka untuk menjadi pimpinan parpol sampai ke tingkat RW sekalipun.

“Maka yang kami tekankan adalah terkait pemahaman ideologi, itu dulu. Ini serentak untuk 63 kelurahan,” kata HTA, sapaannya.

Wakil Ketua DPRD Kota Depok ini mengatakan, seluruh calon ketua ranting harus siap menjadi wajah partai di masyarakat. Sesuai instruksi dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri.

“Instruksi ibu ketua umum kami jelas bahwa utamakan rakyat, kita berjuang untuk kesejahteraan rakyat. Maka apa yang diperintahkan pada kami adalah semua kewajiban yang harus kami laksanakan,” tuturnya.

Jadi ini, sambung HTA, Musran ini adalah agenda lima tahunan, tidak hanya untuk Pilkada. Sehingga, ia berharap agar pengurus yang terpilih harus bisa menjadi wajah partai untuk menampung aspirasi yang kemudian akan disampaikan ke-tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Jadi mereka harus paham tentang persoalan masyarakat agar bisa ikut berkontribusi.”

Saat disinggung target pilkada kepada para pengurus ranting PDIP tersebut, Hendrik menegaskan harus menang. “Tentu menang target kami,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu