ESCePe dan BEST Bawa Ety Kuswandarini Berprestasi

In Pendidikan
Kepala SMPN 5 Depok, Ety Kuswandarini
Kepala SMPN 5 Depok, Ety Kuswandarini.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK Disiplin, itu menjadi fokus Ety Kuswandarini dalam membentuk karakteristik siswa SMPN 5 Depok. Menurut Ety, disiplin hal dasar untuk menjalankan program dan kegiatan di sekolah.

Itu yang menjadi presentasi Best Practice yang menghantarkan Ety jadi juara pertama di ajang Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) kategori Kepala SMP tingkat Kota Depok.

“Ada dua program yang diterapkan dalam kedisiplinan siswa, yakni ESPeCe dan BEST,” ucapnya kepada Radar Depok.

Ety menjelaskan, ESPeCe adalah akronim dari Sambut Pagi Ceria. Di dalam program ini, pihak sekolah secara konsisten setiap pagi pada hari sekolah, menyambut kedatangan siswa. Itu adalah bagian dari pemberian semangat kepada siswa, kalau mereka diterima di sekolah untuk mengenyam ilmu pengetahuan.

“Tidak hanya itu saja, itu juga memberikan contoh kepada siswa untuk datang tepat waktu. Jadi, disiplin dengan kehadiran sekolah,” katanya.

Ety menuturkan, di program ESPeCe juga jadi terpantau siswa mana saja kedisiplinannya perlu mendapatkan pembinaan dan siswa mana yang memang sudah disiplin dalam hal kedatangan di sekolah. Mulai dari kerapihan rambut, pakaian, dan kelengkapan atribut sekolah tentu akan semakin terpantai dengan menyambut siswa di pagi hari.

Selama 10 hari pelaksanaan program tersebut, awalnya angka siswa yang disiplin berada di angka sekitar 50 persen dan hasilnya sudah mencapai pada angka 90 persen. Jadi, ada perubahan signifikan menjadi lebih baik.

“Tentunya siswa yang terlambat diberikan hukuman dan pembinaan, jadinya mereka berubah menjadi lebih disiplin,” kata perempuan kelahiran 22 Februari 1968 tersebut.

Ety yang sudah menjadi kepala SMP sejak tahun 2013 ini, menjelaskan, untuk sekarang ini karena baru dua bulan menjabat sebagai Kepala SMPN 5 Depok, belum banyak program yang bisa dibuatnya.

Oleh karena itu, saat nanti akan maju sebagai perwakilan dari Kota Depok di Pemilihan Kepala SMP Berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Barat, dirinya akan membawakan Best Practice di SMPN 9 Depok, tempatnya menjadi kepala SMP selama empat tahun sebelum di SMPN 5 Depok.

“Kedisiplinan adalah dasar dari segalanya, kesuksesan program dan kegiatan sekolah berawal dari kedisiplinannya. Sehingga nanti muaranya berpengaruh pada peningkatan kualitas sekolah,” terangnya.

Ety juga memberikan tips bagaimana mengembangkan potensi dan bakat siswa yang setiap tahunnya bisa berubah-ubah, berkaitan dengan adanya kelulusan siswa dan penerimaan siswa baru.

Saat penerimaan siswa baru, sekolah sebaiknya menggunakan angket ke siswa, dimana di dalamnya ada beberapa pertanyaan tentang minat dan bakat siswa. Sehingga, sekolah memiliki dasar untuk pengembangan siswa selain di bidang akademik.

“Nantinya angket tersebut diserahkan ke walikelasnya, dan bisa jadi dasar walikelas dalam mendidik dan membina siswa dengan tepat. Karena, prestasi itu bukan hanya berasal dari bidang akademik saja, tetapi juga banyak prestasi yang berasal dari non akademik,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ilustrasi tewas tawuran

PSBB Picu Kejahatan

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Aksi perampokan bersenjata api yang terjadi di depan Mc Donald Bojongsari dan

Read More...
walikota sapa warga

PSBB Depok Mulai Dibekali Sanksi, Berikut Daftarnya

SAPA PENGENDARA : Walikota Depok Mohammad Idris menyapa pengendara pada pelaksanaan Pembatasan Sosial Bersakala Besar

Read More...
pelaku rampok lolos

Ini Penyebab Pelaku Perampokan di Bojongsari Bisa Lolos

Potongan video dalam aksi perampokan dengan modus pecah kaca di Kecamatan Bojongsari, Kota Depok.   RADARDEPOK.COM, DEPOK

Read More...

Mobile Sliding Menu