cimanggis tangkal korona
PENCEGAHAN : Kecamatan Cimanggis bentuk Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19, yang memiliki sekretariat di lantai dua kantor kecamatan. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
cimanggis tangkal korona
PENCEGAHAN : Kecamatan Cimanggis bentuk Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19, yang memiliki sekretariat di lantai dua kantor kecamatan. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Mengatasi wabah pendemi Covid-19, Kecamatan Cimanggis bentuk Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19. Untuk kelembagaan Gugus Tugas Kecamatan ini, pengarahnya dari Camat, Kapolsek, Danramil, Ketua MUI serta KUA Kecamatan Cimanggis.

Sekretaris Camat yang juga Ketua Gugus Tugas Kecamatan Cimanggis, Abdul Rahman mengungkapkan, tugas pokok gugus tugas tersebut ada tiga bidang, diantaranya bidang penanganan, bidang pencegahan dan bidang sosialisasi dan informasi.

“Di bidang penanganan di bawah komando Kepala Puskesmas se-Kecamatan, untuk pencegahan serta sosialisasi dan informasi yaitu Lurah, Babinsa, Babinkantibmas, Karang Taruna serta stakeholder yang ada di Kecamatan,” ucapnya kepada Radar Depok, Jumat (27/3).

Ia menjelaskan, bidang penanganan itu berkaitan dengan medis, untuk bidang pencegahan salah satu caranya dengan penyemprotan disinfektan, serta bidang selanjutnya memberikan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat langkah pencegahan serta tetap mengikuti anjuran yang ada.

“Intinya, kami membuat gugus tugas ini dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19. Kita juga ada sekretariat di lantai dua Kecamatan Cimanggis,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, sudah banyak menerima permintaan dari masyarakat maupun pengurus tempat ibadah untuk dilakukan penyemprotan disinfektan yang berkaitan dengan pencegahan.

“Kami sudah melakukan penyemprotan di beberapa titik, semuanya masih kami upayakan, karena memang kami juga masih keterbatasan alat, dan diharapkan masyarakat dapat mandiri dengan berswadaya untuk melalakukan penyemprotan di wilayahnya masing-masing,” tuturnya.

Ia  pun mengimbau, agar masyarakat dapat melakukan social distancing, tidak membuat kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan, serta seluruh stakeholder Kecamatan dapat lebih proaktif dalam menyampaikan berbagai informasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Kami berharap masyarakat dapat mematuhi seluruh himbauan yang ada dan mencegah Covid-19 dengan hastag yang telah kami buat di dalam poster dan lainnya, yaitu #DiRumahAja, #JagaJarak serta #JagaSehat,” pungkasnya.

Sementara, tokoh masyarakat Kecamatan Cimanggis, H. Idin Ibrahim menambahkan,  seluruh elemen di Kecamatan Cimanggis harus bersatu untuk melawan Korona. Kemudian, ia pun meminta agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Langkah yang paling nyata dan efektif membantu pemerintah, bagi masyarakat awam adalah melakukan physical distancing dan diam di rumah jika tidak ada keperluan mendesak sambil menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah,” imbuhnya.

Ia menilai, dengan melakukan hal tersebut, sudah membantu pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus Korona. Pria yang aktif dalam organisasi kemanusiaan PMI itu pun menganggap, mereka yang mau menghilangkan egonya untuk tidak keluar rumah sebagai pahlawan kemanusiaan.

“Virus ini nyata, kita harus mematuhi arahan dari pemerintah,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya