Beranda Utama Hindari Korona Dinkes Sarankan Germas

Hindari Korona Dinkes Sarankan Germas

0
Hindari Korona Dinkes Sarankan Germas
ILUSTRASI
tips cegah korona
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah baru saja mengumumkan dua warga Depok yang positif terjangkit virus Korona. Terkait hal ini, Dinas Kesehatan Kota Depok mengingatkan masyarakat agar tidak panik dengan adanya virus tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita menyebutkan, ada beberapa cara agar terhindar dari virus Korona.

“Yang paling utama mencegah penularan virus ini adalah dengan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” ungkap Novarita kepada Radar Depok.

Adapun langkah yang bisa dilakukan di antaranya, rajin mencuci tangan dengan sabun, makan dengan gizi seimbang, rajin berolahraga, istirahat yang cukup, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Novarita juga mengimbau, masyarakat tidak merokok dan diharuskan memperbanyak minum air mineral, kemudian makan makanan yang dimasak dengan sempurna.

“Kami sarankan minum air mineral delapan gelas setiap hari, jangan makan daging yang berisiko menularkan virus,” tegas Novarita.

Ia melanjutkan, bagi orang yang sedang batuk dianjurkan menggunakan masker, atau menutup mulut saat batuk. Masyarakat juga diimbau berdoa agar terhindar dari berbagai marabahaya.

“Bila demam dan sesak nafas segera berobat ke dokter,” tegasnya.

Kemudian, cuci tangan sesering mungkin setidaknya 20 detik setiap kali dengan air hangat dan sabun. jangan menyentuh wajah, mata, hidung, atau mulut saat tangan kotor. Jangan keluar jika merasa sakit atau memiliki gejala pilek atau flu. Tutupi mulut dengan bagian dalam siku setiap kali bersin atau batuk.

Lalu buang semua tisu yang digunakan untuk meniup hidung atau bersin segera. Jaga benda apa pun yang disentuh. Gunakan desinfektan pada benda-benda seperti telepon, komputer, peralatan, piring, gagang pintu, dan lain-lain. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya