Ini Imbauan MUI untuk Buka Puasa Bersama dan Salat Tarawih

In Utama
Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam
Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mulai menyikapi hal-hal yang menjadi kebiasaan di Bulan Ramadan. Dimana, MUI meminta umat Islam di Indonesia untuk membatasi ibadah buka puasa bersama dan salat tarawih berjamaah guna mencegah penyebaran virus Korona (Covid-19).

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam meminta umat Islam turut andil membantu penekanan potensi penyebaran virus Korona. Salah satunya dengan membatasi dua kegiatan keagaman tersebut.

“Potensi yang menyebabkan penyebaran virus Korona secara luas harus dicegah dan diminimalisir,” kata Asrorun dalam jumpa pers di Kantor BNPB, Jakarta, Kamis (19/3).

Asrorun menjelaskan, umat Islam yang tinggal di daerah dengan potensi penularan Korona, diminta tidak melakukan buka bersama dan salat tarawih di ruang publik.

“Kita cuci tangan untuk minimalisir potensi penyebaran, kita bersihkan tempat ibadah, kemudian membawa sajadah sendiri dan meminimalisir kontak fisik,” tuturnya.

Asrorun menegaskan, imbauan tersebut tidak bermaksud MUI meniadakan ibadah sama sekali. Pihaknya hanya ingin umat Islam terhindar dari potensi terpapar Korona saat beribadah.

“Ini bagian dari ikhtiar yang perlu ditempuh umat beragama,” tuturnya.

Sebelumnya, Indonesia menyatakan 227 orang positif terjangkit virus Korona, 11 orang sembuh, dan 19 orang meninggal pada Rabu (18/3).

MUI sebelumnya telah merespons penyebaran virus Korona dengan menerbitkan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

MUI melarang umat Islam di daerah terpapar Korona mengikuti ibadah dengan konsentrasi massa. Dalam fatwa, MUI menyebut ibadah yang dimaksud adalah majelis taklim, salat jumat berjamaah, salat wajib berjamaah, salat tarawih, dan salat id. (rd)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ilustrasi penyebaran virus korona

Waspada, Virus Korona Bisa Menular Lewat Kentut

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Virus Korona (Covid-19) terbukti bisa menular melalui droplets atau percikan air liur dari

Read More...
PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...

Mobile Sliding Menu