Jika Dirugikan Adukan ke Kemenag

In Metropolis
Dirugikan adukan ke kemenag
ILUSTRASI : Rombongan calon jamaah haji mengumpulkan koper di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Depok. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Arab Saudi masih menutup kedatangan jamaah umrah dari berbagai Negara, termasuk Indonesia. Alhasil, banyak calon jamaah asal Indonesia yang belum bisa berangkat.

Hal ini tentu hal yang merugikan. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok, Asnawi mengatakan, pemberangkatan umrah meru7pakan tanggungjawab travel.

Karena itu, pihaknya menunggu kepastian dari hasil pengumpulan data dari travel, ihwal jumlah warga Depok yang terdampak dari keputusan ini.

“Penundaan keberangkatan ini juga demi keselamatan para jamaah. Karena urusannya sudah skala internasional. Kami hanya menunggu informasi lanjutan dari Pemerintah Arab, terkait jadwal ulang pemberangkatan,” katanya kepada Radar Depok, Minggu (1/1).

Namun demikian, ia membuka ruang mediasi bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan atas kejadian ini. “Namun, sampai saat ini saya belum mendapatkan keterangan terkait keluhan Jemaah,” kata Asnawi.

Dia berharap agar penutupan yang dilakukan pemerintah arab Saudi bisa segera selesai, agar para jamaah bisa kembali beribadah ketanah suci.

“Kami hanya berharap, mudah-mudahan kejadian ini tidak berdampak dalam jangka waktu yang lama, apalagi sampai penyelenggaraan haji. Semoga cepat ditemukan vaksinasinya juga,” tutupnya.

Sementara itu, Sementara, Pengelola travel umroh Duta Mulia, Supandi berharap pada Maret mendatang larangan ini sudah dicabut. “Mudah-mudahan bulan Maret sudah lancar dan larangan sudah dicabut oleh Arab Saudi,” kata dia.

Dengan adanya larangan tersebut, Supandi mengaku mengalami kerugian. “Semua kena dampaknya, karena ini kan efek domino. Tiket pesawat sudah dipesan dan hotel sudah di booking, jadi semua berdampak kesana,” terang Supandi.

Apabila Maret nanti larangan tersebut belum dicabut, Umar mengaku akan mengembalikan uang milik para jamaah. Sebab, uang yang sudah disetorkan untuk pembelian tiket pesawat dan booking hotel juga akan dikembalikan oleh pihak terkait.

Dirinya berharap agar para jamaah yang sudah memiliki visa dan menjalani cek kesehatan bisa diberangkatkan ke Arab Saudi. “Dari informasi yang saya terima, saat ini pemerintah Arab Saudi tengah mempersiapkan alat scanner untuk mengecek suhu tubuh di setiap bandara,” pungkasnya. (rd)

 

Fakta dan Data Tunda Keberangkatan :

Tanggal :

– Kamis, 27 Februari 2020

Penundaan :

– Ibadah umrah

Alasan :

– Terjangkit virus korona

Travel di Depok :

– Sebanyak 13 travel

Jamaah Depok :

– Mencapai 3.600-4.000 jamaah (setahun)

– Pemberangkatan tanggungjawab travel

– Kamenag buka layanan aduan

23 Negara Dilarang :

– China

– Iran

– Italia

– Korea Selatan

– Jepang

– Thailand

– Hongkong

– Malaysia

– Indonesia

– Pakistan

– Afghanistan

– Irak

– Filipina

– Singapura

– India

– Lebanon

– Suriah

– Yaman

– Azerbaijan

– Kazakhstan

– Uzbekistan

– Somalia

– Vietnam

Sisi Lain Penundaan Umrah Jamaah Indonesia

  1. Bersifat Sementara
  2. Pengumuman mendadak
  3. Pengusaha travel mengeluh
  4. Biro travel merugi Rp 2 triliun sebulan
  5. Jemaah dari tujuh penerbangan diizinkan berumrah

 

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu