KAI Operasikan Kereta Klinik

In Metropolis
KAI operasi kreta klinik
SOSIALISASI : Petugas saat mensosialisasikan pencegahan Virus Korona menggunakan Rail Clinic di Stasiun Depok Lama, Kecamatan Pancoranmas, Jumat (6/3). Kegiatan yang diadakan PT KAI tersebut juga membagikan masker kepada pengguna KRL Commuter Line serta cairan antiseptik dan pemeriksaan kesehatan. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan kereta klinik atau rail clinic, bagi penumpang di sekitar Stasiun Depok, Jumat (6/3). Kereta kesehatan ini dioperasikan guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus Korona atau Covid-19. Selain menghadirkan rail clinic, PT KAI juga menurunkan enam dokter dan 20 paramedis di stasiun Depok Lama.

“Ini adalah sebagai upaya KAI agar tidak terjadi penyebaran virus korona di area stasiun dan kereta api,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro kepada Radar Depok, di Stasiun Depok, Jumat (6/3).

Dia menjelaskan, enam dokter dan 20 paramedis akan bertugas melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat. Berupa pembagian masker, pamflet, memberikan edukasi, dan penyuluhan kesehatan tentang virus corona dan pencegahannya.

“Petugas kesehatan akan memberikan imbauan, agar penumpang menjaga kebersihan tangan, etika batuk dan bersin. Dan pemasangan banner edukasi terkait virus corona di area stasiun,” terangnya.

Selain sosialisasi pencegahan melalui kegiatan Rail Clinic, PT KAI juga fokus dalam hal kebersihan sarana kereta. Misalnya, melakukan pencucian interior dan eksterior kereta secara rutin sebelum commuterline diberangkatkan. “Pencucian kereta dengan menggunakan bahan kimia untuk sterilisasi,” beber dia.

Tak hanya itu, KAI juga menyiagakan petugas kebersihan baik di stasiun maupun selama perjalanan. Bantal yang disediakan di kereta pun, selalu dalam kondisi baru tercuci bersih setiap pergantian penumpang.

Untuk menciptakan rasa aman kepada sesama pengguna kereta api, di sejumlah stasiun yang berada di area Daop 1 Jakarta kini tersedia hand sanitizer alkohol 70-80%. Hand sanitizer ditempatkan di pos kesehatan, meja check boarding, loket pembelian/pemesanan/pembatalan tiket, dan loko cafe (cafe milik PT KAI). “Fasilitas tersebut juga tersedia disejumlah rangkaian KAJJ dan KRL,” tegasnya. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

jalan tikus dijaga polisi

Warga Depok yang Tidak Punya Surat Tugas dari Kantor, akan Dipulangkan

PEMERIKSAAN IDENTITAS : Petugas gabungan melakukan pemeriksaan identitas pengendara yang berpenumpang dan tidak memakai masker

Read More...
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, Encep Hidaya.

Bayar Zakat Fitrah Naik

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, Encep Hidaya.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Penetapan harga zakat

Read More...
slankers

Kegiatan Slank Fans Club Kota Depok : Ingatkan Bahaya Covid-19 hingga Bagikan Masker (1)

BERBAGI : Anggota Slank Fans Club (SFC) Kota Depok saat memberikan masker kepada pedagang di

Read More...

Mobile Sliding Menu