Kalem, Bahan Pokok Masih Aman

In Metropolis
bahan pokok masih aman
PANTAU : Kabid Perdagangan Disdagin Kota Depok, saat sedang memantau bahan makanan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Depok, Jumat (20/3). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, terus berupaya memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok bagi warga. Pemantauan dilakukan di semua pasar, baik tradisional maupun moderen. Masyarakat diimbau agar tidak berbelanja secara berlebihan (panic buying).

Kepala Disdagin Kota Depok, Zamrowi Hasan mengatakan, pemantauan tersebut dilakukan selama dua hari, mulai dar Selasa (17/3) sampai Rabu (18/3). Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pokok khususnya di pasar moderen. “Kami langsung menurunkan empat tim ke seluruh mal yang ada di Kota Depok,” kata Zamrowi Hasan, Jumat (20/3).

Dia mengungkapkan, dalam pemantauan ini, pihaknya mengecek stok dan harga kebutuhan pokok di seluruh pasar moderen. Seperti Hypermart, Giant, Transmart, Carrefour, Food Hall, dan toko-toko ritel. “Pemantauan ketersediaan kebutuhan pokok ini juga atas instruksi Wali Kota melalui Surat Edaran Nomor: 443/133-HUK/Dinkes tentang Siaga Intensif Corona Virus Disease Covid-19,” jelasnya.

Dia menjelaskan, dari pemantauan tersebut,  stok kebutuhan pokok di pasar tradisional dan pasar moderen cukup dan aman. Serta  tidak terjadi lonjakan jumlah pengunjung, dalam beberapa beberapa hari terakhir selama wabah Virus Korona. “Silahkan masyarakat datang ke pasar tradisional karena stok kebutuhan pokok, sayuran, daging, dan lain-lainnya masih aman dan banyak,” bebernya.

Guna mencegah potensi panic buying di pasar moderen, lanjut Zamrowi, pihaknya memberlakukan pembatasan pembelian untuk komoditi tertentu. Seperti, gula pasir, mie instan, dan beras.

“Untuk pembelian gula pasir maksimal dua kilogram, mie instan maksimal dua dus, dan beras maksimal satu karung per orangnya,” ujarnya.

Terakhir, dirinya mengimbau agar warga Kota Depok tidak memborong sembako secara berlebih di tengah mewabahnya virus Corona (Covid-19). Sebab, menurutnya, hal tersebut akan mengakibatkan kelangkaan. “Saya mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak panik. Jangan belanja kebutuhan pokok secara berlebihan,” tegasnya.

 

bahan pokok masih aman
TINJAU : Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna bersama Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kota Depok, Achmad Kafrawi, Kepala Disperdagin Kota Depok Zamrowi Hasan, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan DPRD Kota Depok melakukan video conference bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, belum lama ini. FOTO : ISTIMEWA

 

Kabid Perdagangan Kota Depok, Anim Mulyana mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap kesiapan bahan makanan yang terdapat di Kota Depok. terlebih saat kepanikan melanda masyarakat Kota Depok lantaran semakin menyebarnya virus Korona.

Menurutnya, selama ini bahan makanan yang tersedia masih tergolong aman, dan pasokan dari distributor masih dikirim sesuai dengan jadwal. “Pasokan aman, seperti beras, gula dan minyak goreng,” kata Anim Mulyana.

Mengenai harga, pihaknya mengatakan tidak ada kenaikan yang signifikan, sehingga warga tidak perlu khawatir terhadap harga bahan pokok yang dijual di pasaran. “Harganya bahan pokok masih normal, tidak ada kenaikan yang signifikan, jika ada kenaikan kami akan control terus,” kata Anim.

Pemantauan harga menurutnya, terus dilakukan di sejumlah pasar dan supermarket yang ada di Kota Depok, guna menjamin ketersediaan pangan di Kota Depok. “Kami bentuk empat tim yang keliling di seluruh pasar dan supermarket di Kota Depok, untuk selanjutnya kami laporkan ke kepala Dinas,” tandas Anim. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto), Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pengusaha depok berikan rapid test

Pengusaha Asal Depok Donasikan 5.000 Alat Rapid Test

PEDULI : Pengusaha asal Depok, Diana Dewi, saat mendonasikan 5000 alat rapid test ke Pemkot

Read More...
ilustrasi virus korona size kecil

Tambah 185 Kasus Positif Virus Korona, DKI Tetap Jadi yang Tertinggi

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berdasarkan data dari Pemerintah, Senin (20/04) pukul 12.00 WIB, ada penambahan 185

Read More...
PGRI Tapos berbagi APD

PGRI Tapos Berikan 50 APD ke Puskesmas

KESELAMATAN : PGRI Kecamatan Tapos memberikan 50 paket Alat Pelindung Diri (APD) ke Puskesmas Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu