KPU Bawaslu Apresiasi Radar Depok

In Metropolis
nana sobarna simulasi
Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – KPU dan Bawaslu Kota Depok mengapresiasi simulasi Pilkada Depok 2020, yang dilakukan Koran Harian Radar Depok. Simulasi dinilai, membantu penyelenggara Pemilu dalam menyosialisasikan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, yang dihelat 23 September 2020.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, karena hal ini bagian dari sosialisasi KPU Kota Depok, sebagai lembaga penyelenggara Pemilu, pihaknya mengapresiasi simulasi dari Radar Depok.

“Terlepas dari hasilnya, tentu KPU tidak punya kepentingan dan terlibat dalam kegiatan simulasi tersebut. Positifnya bagi kami adalah ada semacam sosialisasi yang dilakukan Radar Depok langsung ke masyarakat, memberitahukan pencoblosan 23 September,” kata Nana kepada Radar Depok, Minggu (1/3).

Ditanya terkait, masih ada warga yang belum mengetahui pelaksanaan Pilkada. Nana memaparkan, hal ini merupakan bagian dari sisi positif yang dilakukan Radar Depok dalam sosialisasi. Dengan demikian, pihak Radar Depok sudah menyampaikan secara langsung. “Ini menjadi bahan kami untuk lebih giat lagi menyosialisasikan,” paparnya.

Saat ini, sambung Nana, pihaknya sudah memiliki pasukan di tingkat kecamatan. Yakni, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang Sabtu (29/2) kemarin baru dilantik di Kantor Sekretariat KPU Kota Depok. Dan, sedang berproses rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) di level kelurahan.

“Gencarnya sosialisasi akan mulai terasa, ketika kaki tangan KPU ini terbentuk. PPK alhamdulillah sudah kami lantik, PPS sedang proses rekrutmen. Sehingga, kami akan gencar melakukan sosialisasi,” sambungnya.

Di sisi lain, Nana mengharapkan agar seluruh stakeholder, baik pemerintah daerah, partai, tokoh dan simpul masyarakat di wilayah.  Membantu KPU memberitahukan pencoblosan dilaksanakan 23 September.

Dia mengungkapkan, di Pilkada 2015, tingkat partisipasi masyarakat 56 persen dan Pemilu 2019 di 83 persen. Sedangkan target di 2020 di 77,5 persen. Sebab, jika berbicara Pilkada tantangannya adalah tingkat partisipasi.

“Kalau Pemilu berbeda, karena gembar-gembor pemberitaan tentang Pemilu tiap hari di media, bahkan di televisi. Sedangkan, Pilkada tidak ada. Ini tantangan Pilkada, paling tidak bertahan di 56 persen, jika dengan upaya yang maksimal dari program-program tadi, kami optimis bisa di 77,5 persen,” teghasnya.

Senada dengan Nana, Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini pun mengapresiasi langkah Radar Depok. Sebab, membantu sosialisasi yang dilakukan penyelenggara Pemilu untuk Pilkada Kota Depok.

“Simulasi prinsipnya baik, bentuk kepedulian dari media dalam hal ini Radar Depok, untuk mendemamkan Pilkada di Depok. Sehingga, masyarakat bisa aware dan tahu di Depok akan melaksanakan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota pada 23 September besok,” kata Luli.

Hal ini, sambung Luli, meringankan tugas penyelenggara dalam hal sosialisasi, tidak hanya dalam membuat produk jurnalistik mengenai tahapan Pilkada. Tapi, langsung menyentuh masyarakat dengan simulasi yang dibuat. “Tentu ini positif,” sambungnya.

Luli mengungkapkan, peran media sebagai penyebar informasi, menjadi salah satu bagian penting untuk  Pilkada. Sebab, media mainstreem menjangkau lini massa yang lebih luas. Sehingga, pesan atau pun tahapan Pilkada dapat diketahui, disamping sosialisasi yang dilakukan penyelenggara.

“Kami dari Bawaslu pun terus menguatkan sinergi dengan media. Sehingga, menjadi media darling. Selain itu, berkolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk mewujudkan Pilkada yang bersih dan berintegritas,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu