KPU Depok Tunda Pelantikan PPS

In Politika
KPU tunda pelantikan
EVALUASI : Ketua dan komisioner KPU Kota Depok saat melakukan rapat pleno PPS terpilih di Kantor Sekretariat KPU Kota Depok, Jalan Kartini Raya, Nomor 19, Kelurahan Depok, Pancoranmas. FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – KPU Kota Depok menunda pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), yang dijadwalkan mulai Minggu (23/3). Tentu, sebagai dampak dari mewabahnya Virus Korona.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengungkapkan, pihaknya mengambil langkah untuk menunda tahapan pelantikan, dalam rangka pencegahan penyebaran korona. Hal ini tertuang dalam pengumuman nomor : 66/PP.O4.2-Pu/ 3276/KPU-Kot/IIt/ 2O2O, tentang penundaan pelantikan PPS pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

“Hal ini juga berdasarkan arahan dan surat edaran dari KPU. Pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji Anggota PPS yang semula dijadwalkan 22 Maret, ditunda hingga masa darurat selesai atau sampai batas wakut yang akan ditentukan kemudian,” kata Nana kepada Radar Depok, Minggu (22/3).

Ia mengungkapkan, sebelumnya, pihaknya sudah melakukan persiapan matang terkait kegiatan pelantikan, bahkan KPU Depok telah menyiapkan tenda untuk melantik PPS di kantor sekretariat Kantor KPU Kota Depok.

“Jadi terpaksa kami bongkar lagi dan tunda tahapan pelantikan. Sebab, ini demi kebagian bersama,” ungkapnya.

Skenario awalnya, sambung Nana, pelantikan PPS dilakukan di kantor KPU Kota Depok, dengan dibagi lima gelombang. Kemudian, pihaknya kembali mempertimbangkan untuk menyebar di tiap kecamatan.

“Sebelum langkah itu diambil, kami berkoordinasi dengan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19. Yang akhirnya menyarankan untuk menunda tahapan pelantikan. Sehingga, kami kemudian melakukan rapat internal dan memutuskan menunda perhelatan tersebut. Langkah tersebut, dibarengi dengan putusan dan surat edaran KPU-RI, kebijakan mengenai penundaan. Jadi pas,”

Dijadwalkan penundaan pelantikan PPS sendiri pada 22 Maret. Sedangkan, dari delapan kabupaten/kota yang menghelat Pilkada, lima daerah termasuk Depok menunda tahapan pelantikan PPS.

“Hanya ada tiga yang melakukan pelantikan PPK, kalau tidak salah, Tasikmalaya, Cianjur dan Pangandaran,” jelas Nana,

Sebab, sambung Nana, dalam surat edaran bagi daerah yang masuk zona hijau masih diperbolehkan melakukan tahapan pelantikan PPS, namun, harus tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat.

“Depok, harus kita akui, bahkan sudah masuk zona merah ya, pertimbangan dari gugus tugas kami melakukan penundaan,” sambungnya,

Bahkan, sebelum surat edaran dari KPU RI keluar, dan saat Walikota Depok mengeluarkan edaran pencegahan Covid-19, pihaknya memohon arahan dan petunjuk dengan berkirim surat ke pimpinan di level yang lebih tinggi.

“Itu seminggu lalu, karena, kami sudah memprediksi suasana di Depok akan berbeda dari daerah lain. Sampai 23 Maret pukul 03.00 WIB turun surat edaran untuk penundaan tiga tahapan tadi,”

Kendati demikian, sambung Nana, di saat bersamaan, sebelum memutuskan penundaan pelantikan PPS. Pihaknya sebenarnya sudah berat untuk melaksanakan pelantikan PPS. Di satu sisi, ini adalah kewajiban tahapan yang harus dilaksanakan. Sementara, di sisi lain saat ini sedang dalam situasi ‘mencemaskan’, tidak ingin disalahkan dikemudian hari, jika ada apa-apa di kemudian hari.

“Sehingga, kami kemudian konsultasi dan koordinasi. Kami mencari dasar hukum dan penundaan,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Roy Pangharapan.

PSBB Bukan Cuma di Jalan

Roy Pangharapan.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Pelaksaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terjebak hanya masalah di jalan

Read More...
bawaslu absain online

Bawaslu Depok Tetap Absensi Harian Via Zoom

  TEKNOLOGI : Jajaran Komisioner dan staf sekretariat Bawaslu Kota Depoksedang Rakor menggunakan aplikasi Zoom. FOTO

Read More...
PSBB di kelurahan serua

PSBB di Serua, Lurah : 80 Persen Patuh

BAGIKAN MASKER : Lurah Serua beserta seluruh stakeholder sedang membagikan masker dan nasi kotak di

Read More...

Mobile Sliding Menu