KPU umumkan anggota PPS
PLENO : Jajaran Komisioner KPU Kota Depok melakukan rapat pleno untuk memutuskan 189 Anggota PPS terpilih dalam tahapan Rekrutmen PPS, di Kantor KPU Kota Depok, Jumat (20/3). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK
KPU umumkan anggota PPS
PLENO : Jajaran Komisioner KPU Kota Depok melakukan rapat pleno untuk memutuskan 189 Anggota PPS terpilih dalam tahapan Rekrutmen PPS, di Kantor KPU Kota Depok, Jumat (20/3). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Jumat (20/3), tepat pukul 00:00 WIB, KPU Kota Depok mengumumkan hasil pleno tentang 189  peserta yang lolos sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pilkada 2020. Nama-nama tersebut bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, bersama komisioner telah melakukan rapat pleno untuk tahapan rekrutmen PPS, di Kantor KPU Kota Depok.

“Setelah, menerima report hasil wawancara dari kawan-kawan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan), klarifikasi terhadap masukan dan tanggapan masyarakat tahap II, kami melakukan rapat untuk menentukan tiga besar untuk membantu tugas KPU di tataran kelurahan, dalam hal ini PPS,” kata Nana kepada Radar Depok.

Hasilnya, sambung Nana, pihaknya menerapkan peringkat 1 sampai dengan 3 sebagai Calon Anggota PPS terpilih. Dan peringkat 4 hingga 6 sebagai pengganti antar waktu (PAW), ketika terjadi hal atau kejadian luarbiasa. “Kami akan umumkan tepat pukul 24.00 WIB, di website KPU (http://kota-depok.kpu.go.id),” ucap Nana.

Nana menjelaskan, PPS sendiri bertugas di tingkat kelurahan, di mana tiap kelurahan akan ada tiga orang PPS sebagai kaki tangan KPU Kota Depok untuk mempersiapkan pelaksanaaan Pilkada di wilayahnya.

“Kebutuhannya di Kota Depok ada 189 PPS, mereka tersebar di 63 kelurahan dan tiap kelurahan tiga orang PPS,” jelas Nana.

Ia menegaskan, keputusan yang diambil berdasarkan pertimbangan matang dan kualitas serta kapasitas yang ditunjukan Calon Anggota PPS selama mengikuti tahapan seleksi, mulai dari administrasi, tes tertulis, wawancara hingga mempertimbangkan tanggapan masyarakat.

“Dari awal seleksi kami sangat transparan, menggunakan metode CAT untuk menguji kemampuan calon PPS. Hingga, membuka tanggapan masyarakat sampai dua sesi,” tegasnya.

Setelah diumumkan, PPS terpilih akan dilantik 22 Maret mendatang. Sehingga, ia berharap agar mereka yang terpilih dapat langsung mengikuti ritme KPU Kota Depok dalam mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Depok 2020.

“Yang terdekat pemutakhiran data. Kami mengharapkan mereka tidak jetlag terlalu lama, tapi langsung beradaptasi, mengenalkan diri dan berkomunikasi ke stakeholder di wilayah, mengemban amanah sebagai penyelenggara Pemilu di tingkat kelurahan,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya