Kumpulkan Tanaman Obat di Lapangan Kosong

In Satelit Depok
srikaya park di pancoranmas
ALTERNATIF : Srikaya Park Tanaman Obat Keluarga di RT 6 RW 14, Situ Rawabesar, Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas. FOTO : DEVINA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS — TP PKK RT6/14, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, membangun Srikaya Park Tanaman Obat Keluarga (TOGA), dengan memanfaatkan lapangan kosong, di sekitaran Situ Rawabesar.

Kader PKK sekaligus pencetus Srikaya Park, Dwi Aprileni mengatakan, langkah awalnya membuat Srikaya Park dimulai dengan mengumpulkan tanaman warga. Kemudian, tanaman tersebut dikumpulkan di lapangan tersebut.

“Awalnya inisiatif pihak kelurahan, dimana setiap warga diminta sediakan TOGA di masing-masing rumah. Namun, karena menurut kami kurang efektif, jadi dikumpulkan di lapangan ini,” kata Leni kepada Radar Depok.

Lebih lanjut, sambung dia, pembuatan Srikaya Park berasal dari bantuan warga. Pengelolaan rutin dikerjakan oleh kalangan pria RT6.

“Kalau tidak ada bapak-bapak RT6 tidak akan berjalan. Membuat balai, dan kebutuhannya, merupakan swadaya warga dan dibangun oleh bapak-bapak di RT6,” tuturnya.

Ia pun mengaku masalah utama dalam SKY Park adalah pendanaan. Makanya diharapkan, suatu saat ada donatur yang siap mendanai buah hasil keseriusan kader PKK RT6 tersebut.

“Untuk mengembangkan SKY Park ini butuh dana. Kalau hanya mengandalkan swadaya jalannya seperti ini saja. Namun, kalau ada pendanaan yang lebih besar, pengembangan SKY Park ini pun juga lebih besar dan menjadi taman edukatif warga,” tandasnya.

Terdapat beragam tanaman obat-obatan yang bermanfaat. Kata Leni, saat ini ia menyeriuskan tanaman sistem hidroponik. Dimana sample tanaman merupakan tanaman pokcoy.

“Tidak hanya tanaman obat saja, ada juga tanaman hias, dan sayur-sayuran. Untuk tanaman obat, seperti asam urat dan maag,” pungkasnya.

Ketua RT6, Didit Mulyadi menambahkan, tempat tersebut merupakan sarana yang efektif. Selain bisa mengedukasi warga, tempat tersebut bisa menjadi sarana silaturahmi antar warga.

“Disini selain warga bisa mengolah tanaman bersama, disini kita juga bisa mengetahui tanaman-tanaman obat dan fungsinya sehingga baik untuk wawasan anak-anak pula,” ujarnya.

Ia berpesan agar kegiatan tersebut terus dilakukan. Selain baik untuk warga, juga baik untuk generasi ke depannya yang ada di RT 6 maupun RW 14. “Saya harap Srikaya Park bisa dirawat. Bukan hanya pengelolanya saja, namun warga turut andil menjaga ini,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

guru besar FTUI kenalkan

Guru Besar FTUI Kenalkan Biopestisida di Sembalun

MENGENALKAN : Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Prof Misri Gozan, dan tim terjun

Read More...
e sport dengan kadskominfo

Cabor E-Sports Hadir di Kota Depok, Pemkot Beri Dukungan

TERIMA : Kadiskominfo Kota Depok Sidik Mulyono yang menerima Audiensi Ketum PB E-Sports Indonesia Kota

Read More...
pelantikan e sport

Deklarasi, Inilah Struktur PB ESI Kota Depok

SEMANGAT : Suasana pengukuhan pengurus PB ESI Kota Depok beberapa waktu lalu. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Mobile Sliding Menu