Langkah ASN Tapos Cegah Penyebaran Covid-19 : Inisiatif Buat Disinfektan, Sosialisasi tak Henti

In Satelit Depok
ASN tapos cegah korona
INISIATIF : Staf Kelurahan Tapos tengah membuat cairan disinfektan untuk disemprotkan ke lingkungan kerja mereka. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

Pandemi virus Covid-19 yang menimbulkan banyak korban jiwa di seluruh negara, membuat Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kelurahan/Kecamatan Tapos inisiatif bikin cairan disinfektan sendiri untuk di semprotkan di lingkungan kerja mereka.

Laporan : Lutviatul Fauziah

RADARDEPOK.COM – Sebagai langkah pencegahan penularan virus covid-19 khususnya di wilayah Depok, penyemprotan cairan disinfektan mulai gencar dilakukan di tempat-tempat umum dan permukiman.

Cairan disinfektan diyakini ampuh untuk membunuh kuman nakal dan virus mematikan, seperti korona. Hanya saja, saat ini cairan disinfektan mulai langka di pasaran setelah wabah virus ini menyerang dan harganya pun melonjak tinggi.

Untuk itu, para ASN dilingkungan Kelurahan Tapos berinisiatif untuk membuat cairan disinfektan sendiri senagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus.

Terlihat pagi hari, staf telah mempersiapkan bahan dan alat yang akan digunakan untuk membuat cairan desinfektan tersebut. Seperti air, bayclin, karbol serta cairan pembersih lantai untuk sedikit menambah keharuman.

“Ini kami buat untuk dilakukan penyemprotan di lingkungan Kantor Kelurahan Tapos, karena memang cairan desinfektan sudah langka dan mahal untuk itu kami membuatnya sendiri,” ucap Lurah Tapos, Tri Sutanto kepada Radar Depok.

Awalnya, mereka menyiapkan ember sebagai wadah untuk pembuatan cairan disinfektan, tiga liter air, lalu dicampurkan dengan enam tutup botol bayclin, selanjutnya 6 tutup botol karbol dan 6 tutup botol pemberih lantai.

Setelah dicampurkan, lalu diaduk hingga merata dan dimasukan kedalam wadah penyemprotan. Setelah itu, cairan siap digunakan untuk penyemprotan.

“Ini kami berikan contoh terlebih dahulu kepada masyarakat, bahwa kami telah melakukan penyemprotan dengan cairan yang dibuat sendiri. Sehingga, diharaokan masyarakat di setiap RW dapat mandiri,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga tidak henti-hentinya meminta masyarakat untuk mematuhi imbauan pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus Korona tersebut. Hal ini pun sudah diinformasikan ke tokoh masyarakat, tokoh agama dan ketua lingkungan di Kelurahan Tapos.

“Harus patuhi instruksi dari pemerintah pusat dan surat edaran Walikota Depok untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sekarang, lebih baik berdiam diri di rumah, lakukan phycal distancing, terapkan PHBS dan mengonsumsi makanan bergizi serta buah-buahan, tujuannya meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit,” pungkasnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

webinar IDI pemkot

IDI-Pemkot Depok Adakan Webinar Update Covid-19

WEBINAR : Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Depok bekerjasama dengan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah

Read More...
Sekjen HMS, Hardjuno Wiwoho.

HMS Minta Pemerintah Konsisten Tanggulangi Covid-19

Sekjen HMS, Hardjuno Wiwoho.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Sekjen Gerakan Hidupkan Masyarakat Sejahtera (HMS), Hardjuno Wiwoho meminta

Read More...
SKPP daring banyak peminat

SKPP Daring Dibanjiri Peminat

VIDEO CONFERENCE : Komisioner Bawaslu Kota Depok, Dede Selamet Permanasaat video conference dengan Kepala SKPP

Read More...

Mobile Sliding Menu