Lebaran Tahun Ini Warga Jawa Barat Dilarang Mudik

In Utama
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja.
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja.

 

RADARDEPOK.COM, BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat mengeluarkan maklumat untuk tidak mudik dan tidak piknik kepada seluruh warga Jawa Barat. Maklumat ini dikeluarkan melalui Surat Edaran No. 360/49/Dishub ditujukan kepada para Bupati dan Walikota di Jawa Barat.

Menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, maklumat ini dikeluarkan dengan tujuan agar penyebaran virus korona (COVID-19) di Jawa Barat tidak semakin meluas, yang dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian harta benda, dampak psikologis di masyarakat serta berpotensi mengancam kehidupan dan penghidupan masyarakat.

Melalui maklumat ini, kepada para bupati dan wali kota di Jawa Barat, saat menjelang bulan suci ramadan 1441 H, diminta untuk menyampaikan edaran, dan maklumat secara massif kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak mudik, dan tidak piknik dengan memanfaatkan unsur kewilayahan masing-masing hingga tingkat terkecil yaitu RW/RT.

“Para ketua RT setempat diminta melakukan pendataan terhadap pendatang yang melaksanakan mudik ke wilayahnya untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP),” terang Setiawan.

Jika masih ada warga masyarakat yang tetap melaksanakan aktifitas mudik, Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta para Bupati dan Wali Kota mengintruksikan jajaran di bawahnya untuk segera melakukan pendataan untuk keperluan pengawasan (surveilance), penelusuran (tracking), pelacakan (tracing), dan pembatasan gerak (fencing) di kemudian hari.

“Orang yang memaksa untuk mudik, ini langsung ditetapkan sebagai ODP daan wajib melakukan karantina mandiri selama 14 hari,” tegas Setiawan.

Bupati dan Wali Kota juga dapat berkordinasi dengan Kepolisian Daerah Jawa Barat dan jajaran wilayah dibawahnya untuk melakukan tindakan hukum jika warga yang berstatus ODP tersebut tidak melakukan karantina mandiri.

Pemdaprov Jawa Barat juga meminta agar para Bupati dan Wali Kota meniadakan kegiatan piknik yang umumnya berlangsung bersamaan dengan datangnya bulan suci ramadan dan pada saat Idul Fitri. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Lurah Kemirimuka, Khairul Adyan

Lurah Kemirimuka Serukan Imbauan di Musim Penghujan

Lurah Kemirimuka, Khairul Adyan.   RADARDEPOK.COM, KEMIRIMUKA - Lurah Kemirimuka, Khairul Adyan menghimbau dan mengajak warga untuk

Read More...
waspada virus korona

Di Bedahan, Ayah dan Dua Anaknya Positif Covid-19

  RADARDEPOK.COM, BEDAHAN – Tiga orang dalam satu keluarga di RT 4/5, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan dinyatakan positif positif virus

Read More...
lomba dan juara adupik

Sukmajaya, Limo, dan Tapos Juara Adupik Depok

VIRTUAL : 11 Kecamatan ikut Adupik Kota Depok. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebelas kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu