Melihat Kegiatan Komunitas Depok Banget : Bina Anak dan Orang Tua, Fokus di Layak Anak (2)

In Metropolis
komunitas depok banget 2
PROGRAM KEMANUSIAAN : Anggota Komunitas Depok Banget saat melakukan workshop keuangan di Kampus UI, Depok. FOTO : ISTIMEWA

 

Berbekal ketulusan dalam meningkatkan kualitas warga. Komunitas Depok Banget, membina warga di sembilan RT yang  bernaung di RW4 Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung. Pembinaan dilakukan untuk mempercepat terwujud Kota Depok layak anak, ekonomi, serta pendidikan.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Sejumlah remaja terlihat begitu komunikatif dalam menjabarkan setiap pokok tujuan dari mereka. Fokus akan ekonomi, pendidikan, serta kota layak anak. Salah satu dari antara anggota Komunitas Depok, Qurina yang saat itu mengenakan hijab coklat menghampiri guna memberi penjelasan.

Perempuan yang saat ini sedang bergelut dengan skripsinya mengatakan, kalau komunitasnya membina yang lebih di dominasi anak-anak. Sebab fokusnya dalam pendidikan dan kota layak anak.

“Biasanya anak-anal yang banyak, tapi ada  juga orang tuanya. tergantung kegiatannya,” tutur Qurina.

Mereka akan bergelut dengan warga selama satu tahun, sampai saat ini sudah melaksanakan enam program. Yaitu pesantren kilat, buka bersama di bulan ramadhan,  perayaan 17 agustus, sosialisasi posyandu, workshop keuangan dari pembicara UI. Dan membangun taman baca di lokasi Taman Kelurahan Pondok Jaya.

“Saya berharapnya komunitas peduli warga semakin banyak. Yang diisi anak-anak muda. Mari kita berlomba melayani warga dengaan gagasan dan ide kita,” kata perempuan 25 tahun ini.

Tak lama berbincang dengan Qurina, seorang remaja pria dengan nama Tegar, yang tak lain adalah Ketua Komunitas Depok Banget ikut nimbrung dalam perbincangan. Dia dengan lugas menyambar, bahwa fokus program komunitasnya adalah  menanamkan pola hidup sehat. Ini sebagai upaya pencegahan penyakit tidak menular pada usia produktif. Memaksimalkan dan mengembangkan potensi lokal dalam hal kewirausahaan, dan mendukung tercapainya Kota Depok sebagai kota layak anak.

“Itu salah satunya,” jelas tegas pria berjaket levis dan kaca mata min itu.

Sambil menenggak minuman kopi kekinian, Tegar menuturkan, implementasi program ini secara bertahap. Mulai dari satu titik ke titik yang lainnya. Ini bagian untuk tahap awal sebagai bagian dari pengenalan Komunitas Depok Banget.

Setelah itu, ditegaskan Tegar kini warga banyak yang berkomunikasi dengan dirinya maupun para anggotanyana yang saat ini berjumlah 50 orang. Hubungan dan silaturahmi dibangun juga diluar kegiatan mereka bersama dengan warga. Hal ininyang menjadi kerinduan para anggota komunitas tersebut untuk dapat berkomunikasi dengan warga terkait perkembangan.

“Siapa yang nggak senang komunikasi sama warga untuk menanyakan sesuatu bagi yang belum paham. Ini menjadi bagian yang indah, bisa mendapat pengalaman baru,” pungkas Tegar yang berdampingan dengan Qurina. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

bahan untuk iklan pajak

Relaksasi Penyampaian Dokumen Kelengkapan SPT Tahunan Tahun Pajak 2019

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Dalam rangka meringankan beban wajib pajak menyiapkan SPT Tahunan dalam kondisi pandemi

Read More...
BNN Depok disinfektan

Kantor BNN Depok Disemprot Disinfektan

CEGAH KORONA : Petugas keamanan BNN Kota Depok saat melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas

Read More...
gungung anak krakatau nasa

Sangat Jelas, Ini Hasil Foto Gunung Anak Krakatau dari NASA

Penampakan Gunung Anak Krakatau pasca-meletus pada akhir pekan kemarin hasil jepretan NASA. FOTO : NASA

Read More...

Mobile Sliding Menu