Menyelami Komunitas Berbagi Nasi Depok : Dibentuk di Bandung, 2013 Masuk Depok (1)

In Metropolis
komunitas berbagi depok
BAGIKAN NASI : Anggota Komunitas Berbagi Nasi Depok sedang memberikan nasi secara gratis kepada pengemis dan pemulung di Kota Depok. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Kota Depok memiliki banyak komuntias masyarakat. Tak heran, karena Depok disinggahi berbagai etnis dan latar belakang. Satu komunitas yang cukup menarik perhatian, yaitu komunitas Berbagi Nasi Depok.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Di temui di depan Mal ITC Depok, sekelompok pemuda sedang menenteng kantong keresek berukuran besar. Mereka sambil membagikan sebuah bungkusan kepada pengendara ojek online, dan pemulung yang melintas di kawasan tersebut.

Salah satu pria di kelompok tersebut, menghampiri sambil menawarkan nasi yang dibungkus dalam kertas nasi berwarna coklat. Lengkap dengan buah jeruk dan air mineral. “Silahkan mas dinikmati, ini gratis dari kami,” kata pria bernama Muhamad Hanif sambil tersenyum ramah.

Hanif -sapaanya- merupakan salah satu pengurus di kelompok yang sedang membagi–bagikan bungkusan makanan tersebut. Setelah selesai membagikan makanan sampai habis, Hanif berbincang–bincang dan menjelaskan mengenai kelompok mereka.

Hanif mengatakan, kelompok mereka memiliki nama Komunitas Berbagi Nasi Depok. “Sebenarnya sih gak komunitas juga, kami sering nyebutnya gerakan berbagi nasi,” ujar Hanif sembari duduk lesehan di trotoar Jalan Margonda Raya.

Dia menceritakan, komunitas Berbagi Nasi ini awalnya berdiri di Bandung, Jawa Barat, sekitar tahun 2010. Lalu pada tahun 2013 di Depok dibentuk organisasi serupa seperti yang ada saat ini. “Saat itu teman kami namanya Kang Abu, Kang Azhar sama Kang Danang ngebentuk pertama kali,” ungkapnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu