Beranda Pendidikan Muhammadiyah Ambil 3 Peran di Dunia Pendidikan

Muhammadiyah Ambil 3 Peran di Dunia Pendidikan

0
Muhammadiyah Ambil 3 Peran di Dunia Pendidikan
PEMBAHASAN : PD Muhammadiyah Kota Depok mengadakan Sarasehan Pendidikan yang diadakan di SMA Muhammadiyah 4 Depok, Sabtu (29/02). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK
Seminar dari Muhammadiyah Depok
PEMBAHASAN : PD Muhammadiyah Kota Depok mengadakan Sarasehan Pendidikan yang diadakan di SMA Muhammadiyah 4 Depok, Sabtu (29/02). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Ada tiga hal yang menjadi peran Muhammadiyah dalam memajukan dunia pendidikan. Hal itu yang disampaikan Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah, Alpha Amirrachman dalam kegiatan Sarasehan Pendidikan yang diadakan di SMA Muhammadiyah 4 Depok, Sabtu (29/02).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh puluhan kepala sekolah dan guru yang berasal dari sekolah dan madrasah Muhammadiyah di Kota Depok. Selain Alpha yang memberikan materi, ada juga Wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Depok, Achmadi Yusuf.

Dalam kegiatan yang bertemakan ‘Meneguhkan Nilai-nilai Kemuhammadiyahan dan Memajukan Pendidikan Muhammadiyah’ tersebut, Alpha menjelaskan hal apa yang sebaiknya dilakukan Sekolah Muhammadiyah dalam ikut andil di kemajuan dunia pendidikan Indonesia.

Pertama adalah tentang pusat untuk pengembangan unggulan-unggulan dalam dunia pendidikan. Jadi, pengembangan dalam bidang akademik ataupun non akademik. Kedua adalah sebagai agen dari perubahan di masyarakat. Maksudnya tentu perubahan untuk menjadi lebih baik lagi di perkembangan dunia pendidikan di zaman yang serba digital.

“Ketiga adalah sebagai kebun ilmu , yakni tempat siswa menuntut ilmu. Semua hal ini tentunya harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman, yang sekarang ini sudah mengarah pada dunia digitalisasi,” katanya.

Alpha menjelaskan, tentunya ketiga hal tersebut tidak terlpas dari pembentukan karakter siswa. Itu yang menjadi bekal dasar siswa dalam segala hal. Dimana, karakter bisa menjadikan mereka lebih berkualitas dalam berbagai hal. Jadi, dari total sekitar 6.000 guru di sekolah dan madrasah Muhammadiyah harus bisa melihat siswa dari berbagai siswa, terutama dalam pengembangan kemampuan yang dimilikinya.

“Visi pendidikan Muhammadiyah, yakni berkembangnya fungsi pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah mencakup sekolah, madrasah, dan pondok pesantren yang berbasis Alquran Kemuhammadiyahan, holistik, integratif, bertata kelola baik, serta berdaya saing dan berkeunggulan,” jelasnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya