Beranda Satelit Depok One Day Service Kecamatan Cimanggis Diserbu Warga

One Day Service Kecamatan Cimanggis Diserbu Warga

0
One Day Service Kecamatan Cimanggis Diserbu Warga
RAMAI : Warga Cimanggis tengah mengikuti kegiatan One Day Service pembuatan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), di halaman Kantor Kecamatan Cimanggis, RAbu (11/3). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
one day service di cimanggis
RAMAI : Warga Cimanggis tengah mengikuti kegiatan One Day Service pembuatan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA), di halaman Kantor Kecamatan Cimanggis, RAbu (11/3). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Kantor kecamatan Cimanggis diserbu  240 warga. Mereka datang untuk memanfaatkan program One Day Service (ODS) pembuatan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok di halaman Kantor Kecamatan Cimanggis, Rabu (11/3).

Kasie akta kelahiran dan kematian Disdukcapil Kota Depok, Budi Muhammad menjelaskan ,ODS ini merupakan program pemerintah guna mewujudkan Kota Depok tertib administrasi kependudukan dan layak anak, karena ini merupakan kebutuhan  dasar yang wajib dipenuhi.

“Karena memang saat ini, akta merupakan hal penting yang harus dilampirkan ketika anak masuk sekolah ataupun untuk kebutuhan lainnya,” jelas Budi kepada Radar Depok, Rabu (11/3).

Lebih lanjut ia menjelaskan, program ini dilakukan bergilir di 11 kecamatan, dan akan selesai pada Juni mendatang. Untuk Cimanggis merupakan lokasi ke empat dengan 240 warga yang memanfaatkan, terdiri dari, 119 pembuatan akta dan KIA dan 121 KIA.

“Kegiatan ini memang hanya sehari saja, kami melayani pembuatan akta kelahiran untuk usia 0 sampai 18 tahun, dan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk yang dibawah 17tahun,” tuturnya.

Berdasarkan data yang ada, untuk akta kelahiran dari jumlah 508.000 anak sudah mencapai 90 persen, untuk itu dirinya menjelaskan hanya tingga mengejar 10persennya saja dan semoga dengan kegiatan ini dapat tercapai.

“Karena target kita agar anak-anak di Kota Depok ini 100 persen mempunyai akta kelahiran dan KIA. Setelah nanti selesai di 11 kecamatan, kita juga akan keliling ke sekolah-sekolah dari Juli sampai Desember,” ucap Budi.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Cimanggis, Abdul Rahman mengungkapkan ini merupakan bagian dari mendekatkan pelayanan Disdukcapil kepada wilayah yang sudah menjadi kegiatan rutin tiap tahun.

“Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa pelayanan itu seolah-olah harus bayar, padahal tidak. Kecamatan juga sebagai kepanjangan tangan sudah berupaya menyampaikan berbagi informasi. Untuk itu, peran aktif masyarakat juga sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Ia berharap, agar masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran dan KIA segera membuatnya ke Disdukcapil Kota Depok, karena ini merupakan kegiatan sadar akan administrasi kependudukan.

“Karena ini merupakan hak dasar yang wajib dipenuhi, juga merupakan salah satu indikator untuk mewujudkan Kota Layak Anak,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya