pasar depok jaya disemprot desinfektan
DISTERILISASI : Kepala Koperasi Pasar Depok Jaya, Abdul Wahab sedang menyemprotkan cairan desinfektan ke lapak penjual daging. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
pasar depok jaya disemprot desinfektan
DISTERILISASI : Kepala Koperasi Pasar Depok Jaya, Abdul Wahab sedang menyemprotkan cairan desinfektan ke lapak penjual daging. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Semua sudah mulai waspada dengan mewabahnya Virus Korona atau Covid-19. Tempat keramain seperti pasar di Kota Depok kini sudah melakukan langkah antisipasi penyebaran virus asal Tiongkok tersebut. Caranya dengan menyemprotkan cairan desinfektan.

Kepala Koperasi Pedagang Pasar Depok Jaya (KPPD), Abdul Wahab mengatakan, penyemprotan tersebut dimaksudkan untuk melindungi pedagang dan pembeli di pasar dari penyebaran wabah korona.

“Korona saat ini menjadi momok bagi masyarakat. Saya selaku pengurus pasar merasa punya tanggung jawab moral, untuk memastikan pasar ini aman dikunjungi masyarakat. Maka dari itu, kami melakukan penyemprotan,” kata Abdul Wahab kepada Radar Depok, Selasa (17/03).

Dia mengungkapkan, penyemprotan ini dilakukan di seluruh bagian gedung pasar yang berjumlah empat lantai. Lantai satu itu komditi sayur dan daging, lantai dua klontong, lantai tiga pakaian, lantai empat rumah makan, dan kantor koperasi. “Semuanya kami semprot,” tuturnya.

Dia menjelaskan, selain penyemprotan, pihaknya juga menyediakan tempat mencuci tangan dan hand sanitizer di pintu masuk pasar. Ini agar masyarakat bisa mencuci tangannya saat masuk dan keluar pasar. “Ada 10 hand sanitizer yang kami sediakan untuk pengunjung,” bebernya.

Di tempat yang sama, Bendahara KPPD, Agus Maulana menuturkan, penyemprotan dilakukan saat kios–kios tutup, agar tidak mengganggu kegiatan di sana. “Penyemprotan akan dilakukan secara berkala. Rencanannya akan diadakan seminggu sekali. Selain itu akan diadakan kerja bakti bersama di sini,” tuturnya.

Dia berharap, masyarakat tidak perlu cemas berbelanja di Pasar Depok Jaya, sebab pihaknya akan melakukan langkah–langkah pencegahan yang maksimal. Ini guna meningkatkan kenyamanan masyrakat yang berbelanja.

“Jangan ragu berbelanja di sini. Insya Allah pasar steril,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok, Zamrowi Hasan mengaku, sudah melakukan hal serupa di pasar tradisional di Depok. Hanya saja, penyemprotan belom menyeluruh di semua tempat. “Semua pasar sudah disemprot, tapi hanya tempat–tempat tertentu saja, seperti kantor, masjid, serta pintu masuk,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya