Pembebasan Tahap Dua UIII April

In Metropolis
pembebasan lahan UIII tahap kedua
PENERTIBAN BANGUNAN : Petugas menggunakan alat berat untuk merobohkan bangunan di lahan yang akan dijadikan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di kawasan Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) terus digeber. Terbaru kemarin, proses pengerjaan pagar dan jembatan juga terus dilanjutkan. Disebagian lahan yang belum dibebaskan, masih ada warga yang bertahan. Rencananya, April mendatang akan dieksekusi lanjutan.

PPK Pembangunan UIII, Syafrizal mengatakan, pembangunan terus dilakukan, progresnyapun terus berkembang. Lahan yang telah di sterilkan langsung di cut and fill. Progres pembangunan yang terus meluas. pihaknya juga akan melaksanakan pembebasan lahan tahap dua April mendatang. “April akan dilakukan kembali pembebasan lahan,” kata Syafrizal kepada Radar Depok, Senin (2/3).

Dia meminta, agar masyarakat yang terdampak segera bersiap, agar tidak menghambat proses penggusuran. “Warga sebaiknya bersiap, agar mempermudah proses pemerataan tanah,” terang Syafrizal.

Pembebasan yang akan dilakukan merupakan bangunan yang berada di sisi kali baru sebelah Jalan Raya Jakarta Bogor. “Pembangunan akan terus dilakukan sesuai dengan program yang sudah ditetapkan,” ucap Syafrizal.

Sementara itu, target perkuliahan akan dilaksanakan tahun ini pun terus dikejar. Jika tidak ada aral melintang awal September 2020 sudah ada perkuliahan di kampus yang ikonik ini.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof Kamaruddin Amin menjelaskan, proyek tersebut saat ini sudah sampai pada tahap pembangunan ruang rektorat, dan pemukiman dosen. Aktivitas perkuliahan ditargetkan sudah bisa dimulai pada September tahun ini.

“Asrama sudah selesai, sekarang sedang dibangun ruang rektorat, ruang kelas dan juga sedang dibangun rumah dosen, rumah profesor juga sedang dibangun. Dan kita targetkan September ini sudah bisa selesai. Setidaknya perkuliahan sudah bisa berjalan awal tahun ajaran baru ini,” kata Kamaruddin kepada Radar Depok.

Nantinya, UIII akan membuka sejumlah program studi seperti studi Islam, Pendidikan, Ekonomi Islam, Sains dan Politik, Budaya dan lainnya. Menurut Kamaruddin, separuh mahasiswa UIII merupakan mahasiswa lokal dan separuhnya lagi mahasiswa asing.

Menurut profesor, pemerintah akan menawarkan beasiswa bagi mahasiswa asing yang berminat untuk studi di UIII. Selain itu, pemerintah juga akan bekerjasama dengan sejumlah negara dan kedutaan. Ini untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing yang belajar di UIII.

Kamaruddin mengatakan, selain menjadikan UIII sebagai kampus yang mempunyai kualitas baik dalam program studi dan proses belajar mengajar. Dengan adanya UIII, pemerintah ingin mengenalkan pada dunia tentang ciri khas Islam di Indonesia.

“Kita juga ingin mempromosikan Islam Indonesia, ciri khas Islam di Indonesia yang moderat, jadi budaya Indonesia juga akan kita perkenalkan. Bagaimana artikulasi Islam di Indonesia bagaimana islam berdialog dengan budaya bagaimana Islam termanifestasi dalam budaya,” terangnya. (rd)

 

Jurnalis : Rubiakto (IG : @rubiakto)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

PSHT bantu tenaga medis

PSHT Depok Berbagi Jamu dengan Tenaga Medis

PEDULI : Keluarga Besar PSHT barikan bantuan kepada tim medis di RS Brimob, Sabtu (18/04).

Read More...
BLT di negeri jepang

Di Jepang, Tiap Warga Dapat Rp14,5 Juta Hadapi Korona

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM - Pemerintah Jepang tengah serius untuk mengentaskan penyebaran virus Korona. negara dibawah kepemimpinan Perdana

Read More...
APD kreasi dari UI

UI Kembangkan APD Respirator

DIKEMBANGKAN : Tim ahli dan peneliti Universitas Indonesia mengembangkan prototype Alat Pelindung Diri (APD), dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu