Beranda Ekbis dan Hiburan Penuhi Permintaan Gula Luar Negeri

Penuhi Permintaan Gula Luar Negeri

0
Penuhi Permintaan Gula Luar Negeri
GULA : Salah satu contoh produk gula yang dihasilkan Java Sugar. FOTO : JOANINHA ELISA VAZ/RADAR DEPOK
java sugar luar negeri
GULA : Salah satu contoh produk gula yang dihasilkan Java Sugar. FOTO : JOANINHA ELISA VAZ/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Gula merupakan salah satu bahan pokok yang banyak digunakan masyarakat guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setiap makanan maupun minuman yang dibuat membutuhkan gula sebagai pelengkapnya. Java Sugar menjadi salah satu brand yang mengolah gula menjadi banyak varian seperti gula palem, aren dan minuman instan jahe merah.

“Jadi pertamanya itu lihat pasar bagus dan gula palem itu unik, terus juga berbeda dengan gula pasir karena kalori gulanya rendah jadi untuk keunikannya dan khasiatnya berbeda dengan gula pasir,” ujar Owner Java Sugar, Guntur Wibisono.

Guntur menjelaskan, usahanya berawal dari sang kakak yang meruapakan pembina petani di Banyuwangi dan melihat riset pasar yang bagus dirinya pun mengolah hasil pertanian tersebut. Hingga kini pemasaran Java Sugar sudah tersebar luas memasuki ritel modern dan juga menembus pasar luar negeri seperi Hongkong, Korea Selatan dan Cina.

Dalam satu bulan Java Sugar mampu memproduksi 10 ton gula karena permintaan pasar yang  besar. Varian gula yang dihasilkan pun beragam yaitu gula palem atau yang biasa disebut gula jawa, gula aren dan minuman instan jahe merah. Java Sugar memproduksi gula-gulanya menjadi beberapa bentuk yaitu cetakan (bulatan yang dirapihkan) dan granule (butiran) gula palem dan gula aren dan minuman instan jahe merah. Produk-produk ini kemudian dikemas dalam ukuran 250 gram hingga 420 gram, harganya pun mulai dari Rp12 ribu hingga Rp22 ribu tergantung ukuran dan jenis gulanya.

“Bisa memenuhi pasar, bisa target pasarnya lebih bisa eskpor yang benar-benar karena selama ini masih menggunakan agen jadi kalau ekspor misalnya Hongkong mereka punya perwakilan kalau bisa kita bisa langsung tanpa perantara seperti itu,” tutup Guntur. (rd)

 

Jurnalis : Joaninha Elisa

Editor : Pebri Mulya