Periksa Suhu Badan Kemudian Bahas Stroke 

In Metropolis
media gathering RS jantung
BAHAS : Direktur Rumah Sakit Jantung Diagram Cinere Dr Hoyi Siantoresmi didampingi Prof. Dr. Hamed Oemar saat memaparkan materi seputar Stroke Usia Muda, Selasa (3/3). FOTO : INDRA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sejak pagi tiap pasien dan pengunjung yang masuk ke RS Jantung Diagram Cinere, tak lepas diperiksa suhu badannya, Selasa (3/3). Upaya ini, tak lain untuk mengantisipasi merebaknya virus korona. Apalagi, ada dua warga Depok yang sudah dinyatakan positif korona. Rumah sakit yang notabene spesialis jantung ini, disaat bersamaan mengadakan Media Gathering membahas Stroke Usia Muda.

Manajer Quality Control RS Jantung Diagram, Riris Manik mengatakan, pemeriksaan suhu badan bagi para pegawai dan pengunjung rumah sakit, merupakan realisasi instruksi  Kementerian Kesehatan dalam upaya mengantisipasi merebaknya wabah korona.

“Mulai hari ini (kemarin) sudah menerapkan pengecekan suhu tubuh kepada siapa saja, yang berada dikawasan Rumah Sakit Jantung Diagram,” jelasnya kepada Radar Depok, Selasa (3/3).

Menurutnya, bilamana ada yang suhu tubuhnya tinggi melebihi 39 derajat. Maka, akan dilakukan tindakan lanjutan berupa Skrining. Bahkan, diobservasi guna mengetahui apakah orang tersebut hanya mengalami demam biasa atau ada gejala terjangkit korona. “Sampai siang ini belum ada yang di skrining atau diobservasi. Tapi, kami akan terus lakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi pegawai dan pengunjung RS Jantung Diagram,” ucapnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan secara seksama, puluhan awak media pun masuk keruangan di Lantai V RS Jantung Diagram Cinere.

Dalam pemaparan materi seputar Stroke Usia Muda, Prof. Dr. Hamed Oemar menjelaskan, saat ini sudah sangat banyak orang usia muda yang terkena stroke, dengan berbagai penyebab. Diantaranya dari gangguan fungsi jantung, dan sejumlah penyebab lainnya.

“Penyakit stroke sekarang tidak hanya terjadi pada manusia usia lanjut, tapi banyak orang usia muda dibawah 60 tahun yang sudah terkena stroke. Sangat penting diberikan semacam pemahaman bagi masyarakat tentang pencegahan dan penangggulan stroke,” ujar Hamed.

Stroke dapat diklasifikasikan menjadi dua macam, yakni Stroke Trombolik dan Stroke Embolik. Jangan anggap sepele jika ada keluarga yang terindikasi terkena stoke. Segera lakukan pemeriksaan secara medis, karena penyakit stroke kini sudah banyak menimpa orang usia muda.

Dia menambahkan, jika ditangani secara cepat dan tepat, penyakit stroke bisa disembuhkan secara permanen, dengan menghindari stroke berulang dan melakukan Fhysiotheray. Namun sebaliknya, bila terlambat dalam penangan maka penyakit stroke sangat sulit untuk disembuhkan.

Meski belum ada angka pasti terkait jumlah orang usia muda terkena stroke. Namun, peningkatan jumlah usia muda yang terkena stroke dapat dilihat dari data laporan sejumlah rumah sakit, yang menangani pasien stroke. “Belum ada data pasti, tapi yang jelas ada peningkatan penderita stroke dari kalangan usia muda,” jelasnya.

Sementara Direktur Rumah Sakit Jantung Diagram (RSJD) Cinere Dr Hoyi Siantoresmi mengakatan, penyelenggaraan Media Gathering dengan mengangkat tema Stroke Usia Muda. Dikarenakan sebagian besar penyebab stroke adalah dikarenakan gangguan fungsi jantung.

“Sesuai data 25 persen penderita Stroke disebabkan gangguan fungsi jantung, oleh sebab itu kami merasa penting memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan penyakit stroke. Khususnya yang disebabkan karena gangguan fungsi jantung,” tandas Hoyi. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid

DPR: Perusahaan Pers juga Dapat Insentif Pajak

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Perusahaan pers di Indonesia akan mendapatkan insentif

Read More...
sembako murah kelurahan curug

RADAR DEPOK TV – Sembako Murah Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

PENGURUS lingkungan Rw1 Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, berinisiatif untuk membantu masyarakat terdampak ekonomi akibat Covid-19 di Kota Depok. Pengurus

Read More...
KPU monitoring wawancara

Si Delos Pakai Masker

LAUNCHING : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna memberikan sambutan saat Launching Tahapan Pilkada Depok

Read More...

Mobile Sliding Menu