Beranda Metropolis Pokjanal Posyandu Ditarget Jadi HI

Pokjanal Posyandu Ditarget Jadi HI

0
Pokjanal Posyandu Ditarget Jadi HI
RAPAT KERJA : Peserta reker Posyandu Kota Depok berfoto bersama di ruang Edelweis, Balaikota Depok. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK
pokjanal posyandu ditarget
RAPAT KERJA : Peserta reker Posyandu Kota Depok berfoto bersama di ruang Edelweis, Balaikota Depok. FOTO : INDRA SIREGAR / RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu, didorong menjadi Holistik Integartif (HI). Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK Kota Depok, Elly Farida saat mengadakan kegiatan Raker PKK di lantai Lima Balaikota Depok beberapa waktu lalu.

Elly mengatakan, sangat mendukung perubahan Pokjanal Posyandu menjadi HI. Menurutnya, dengan menerapkan konsep HI tersebut dapat menguatkan posisi Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA).

“Tentunya kami sangat mendukung peningkatan status Posyandu ini,” kata Elly.

Dia mengungkapkan, keberadaan Pokjanal Posyandu HI menjadi langkah yang tepat guna menyelamatkan generasi mendatang. Bukan hanya di aspek peningkatan mutu pendidikan, utamanya kesehatan, pengasuhan, dan ekonomi.

“Kita tahu Posyandu adalah garda terdepan bagi masyarakat. Karena itu, PKK akan membantu meningkatkan pelayanan Posyandu dalam memenuhi hak anak,” tuturnya.

Dia mengajak agar elemen-elemen terkait saling bersinergi membantu terwujudnya Posyandu HI. Utamanya, Perangkat Daerah (PD) terkait seperti Dinas Perlindungan Anak dan Pemberdayaan, Masyarakat, dan Keluarga (DPAPMK) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Nantinya optimalisasi di setiap bidang, misalkan kader Posyandu bergerak di bidang pemberdayaan ekonomi juga. Jadi tidak hanya mengurus terkait imunisasi atau pil KB,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Anissa Handari mengatakan, Pokjanal Posyandu merupakan lembaga yang mengkoordinasikan seluruh Posyandu di Kota Depok. Selain itu juga, Pokjanal juga merupakan organisasi mitra Perangkat Daerah (PD) dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

“Forum rutinan ini kita gelar, sebagai upaya memperbaiki kualitas pelayanan Posyandu. Arahnya adalah mengusung semangat Posyandu yang terintegrasi dan multifungsi,” terang Nessi.

Nessi menambahkan, pihaknya akan konsen mengembangkan dua program inovasi. Yaitu Posyandu Remaja (Posmaja) dan Posyandu Holistik Terintegrasi. “Selanjutnya, kita akan mengadakan rapat kerja, untuk menajamkan perencanaan yang sudah dibuat,” tutupnya. (rd)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar  (IG : @regarindra)

Editor : Pebri Mulya