Beranda Satelit Depok Posyandu RW14 Pantau Jentik Nyamuk

Posyandu RW14 Pantau Jentik Nyamuk

0
Posyandu RW14 Pantau Jentik Nyamuk
LINGKUNGAN : Seluruh kader Posyandu Cendana RW 14, Keluraan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Depok, dengan Lurah Depok Jaya, Herman. FOTO : RODIAH FOR RADARDEPOK.
jumantik posyandu cendana
LINGKUNGAN : Seluruh kader Posyandu Cendana RW 14, Keluraan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Depok, dengan Lurah Depok Jaya, Herman. FOTO : RODIAH FOR RADAR DEPOK.

 

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS — Posyandu Cendana, RW14, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, memantau jentik nyamuk, dengan berkliling ke rumah-rumah warga, Jumat (6/3).

Ketua Posyandu Cendana, Rodiah mengatakan, terdapat 310  rumah di RW14, dengan 61 rumah menjadi sampel kegiatan. Kadernya bersama pihak kelurahan mengelilingi enam RT, untuk mengecek adanya jentik nyamuk di setiap rumah.

“Dari 61 rumah, ada lima rumah yang memiliki jentik nyamuk di bak mandinya,” kata Rodiah kepada Radar Depok.

Rodiah menambahkan jentik nyamuk ternyata bukan hanya di bak mandi saja, namun di tempat lainnya yang tergenang air. “Ditemukan jentik nyamuk juga di dispenser dan wadah untuk menaruh pot, kalau kita menyiram tanaman pot pasti airnya jatuh ke wadah, biasanya disitu juga ada,” tambahnya.

Lebih lanjut, Rodiah mengaku, target Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan RW14 belum sesuai dengan target. Tingkat PHBS, menurutnya, bergantung dari terhindarnya area rumah dari jentik nyamuk.

“Targetnya tidak sesuai, karena ada lima rumah yang didapati jentik nyamuk, nilainya 91,8 persen. Seharusnya 95 persen kalau sampelnya 61,” tandasnya.

Rodiah mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan di luar maupun di dalam rumah. Hal itu, kata Rodiah, agar masyarakat terhindar dari penyakit yang disebabkan bakteri, virus, maupun

Menurut salah satu warga RW 14, Ida Afdillah, di rumahnya tidak ditemukan jentik nyamuk. Namun, dirinya tetap menjaga kebersihan rumahnya. Ida mengatakan kebersihan di rumah menjadi faktor penentu kesehatan keluarga.

Ia mengatakan selama ini pihak kelurahan sudah cukup perhatian terhadap warganya. Ida berharap kegiatan sebagai peningkatan PHBS di lingkungan RW 14 terus berlanjut.

“Untuk rumah yang masih ada jentik nyamuk, kalau bisa rajin dikuras untuk mencegah bersarangnya nyamuk demam berdarah. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Devina

Editor : Pebri Mulya