Beranda Satelit Depok Program Puskesmas Cilangkap : Edukasi Masyarakat, Ajak Konsumsi Garam Beryodium

Program Puskesmas Cilangkap : Edukasi Masyarakat, Ajak Konsumsi Garam Beryodium

0
Program Puskesmas Cilangkap : Edukasi Masyarakat, Ajak Konsumsi Garam Beryodium
SOSIALISASI : Petugas Puskesmas Cilangkap adakan penyuluhan luar gedung tentang garam beryodiun, di Pusyandu RW 20. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
program puskesmas cilangkap
SOSIALISASI : Petugas Puskesmas Cilangkap adakan penyuluhan luar gedung tentang garam beryodiun, di Pusyandu RW 20. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

Tidak hanya sebagai tempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan, Puskesmas Cilangkap pun gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. Salah satunya, pemeriksaan rutin garam beryodium, di berbagai Posyandu dan Sekolah Dasar (SD) demi meningkatkan gizi berbasis masyarakat, khusunya dalam rumah tangga.

Laporan : Lutviatul Fauziah

RADARDEPOK.COM – Garam merupakan bahan pelengkap masakan, garam pun memiliki jenis yang beragam, ternyata yang baik dikonsumsi itu adalah garam yang beryodium, karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Dengan demikian, Puskesmas UPTD Cilangkap gencar adakan penyuluhan terkait garam beryodium, agar masyarakat paham dan beralih ke garam yang menyehatkan terutama bagi anak-anak.

“Ini memang kegiatan rutin yang kita adakan, demi memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentinnya menggukan garam yang beryodium dalam membuat suatu hidangan,” ucap Ahli Gizi Puskesmas Cilangkap, Ratri S.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat yang hadir diwajibkan membawa sampel garam yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Dengan demikian, petugas dapat mengetahui apakah garam yang warga gunakan termasuk beryodium atau tidak.

Nantinya, jika garam yang dibawa tidak mengandum yodium maka petugas akan melakukan edukasi kepada orang tersebut agar beralih ke garam yang beryodium, dan akan terus dipantau oleh tim gizi Puskesmas.

“Kegiatan ini juga kita lakukan di berbagai Posyandu dan SD/MI yang ada di lingkungan Cilangkap,” jelasnya.

Karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, bahwa garam beryodium memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, terutama bagi anak-anak yang dalam masa tumbuh kembang dan ibu hamil.

Manfaat dari garam yang beryodium di antaranya, untuk menjaga fungsi tiroid tetap stabil, mendukung pertumbuhan otak janin, bayi, dan anak-anak, mencegah penyakit tiroid, seperti penyakit gondok dan hipotiroidisme serta mengurangi resiko kanker tiroid. (*)

 

Editor : Pebri Mulya