Beranda Satelit Depok Puskesmas Cipas Ingatkan Pentingnya Kesehatan Gigi

Puskesmas Cipas Ingatkan Pentingnya Kesehatan Gigi

0
Puskesmas Cipas Ingatkan Pentingnya Kesehatan Gigi
SEHAT : Pegawai UPTD Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas), tengah mengecek kesehatan gigi anak-anak, di Posyandu Anyelir RW08, Jumat (6/3). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
tingkatkan kesehatan gigi
SEHAT : Pegawai UPTD Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas), tengah mengecek kesehatan gigi anak-anak, di Posyandu Anyelir RW08, Jumat (6/3). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, CIMANGGIS – Mengingatkan pentingnya kesehatan gigi, UPTD Puskesmas Cisalak Pasar (Cipas) adakan kegiatan Upaya Kesehatan Gigi Masyarakat (UKGM) bagi anak di Posyandu Anyelir RW08,  kelurahan setempat, Jumat (6/3).

Kepala UPTD Pusekesmas Cisalak Pasar, Nunung Baita mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya promotif dan preventif untuk meningkatkan kesadaran dalam pemeliharaan gigi, khusunya bagi anak-anak.

“Pendekatan edukatif ini kita lakukan, dengan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesadaran dalam memelihara kesehatan gigi. Karena, bagi anak-anak kesehatan gigi sangatlah rentan,” ucapnya kepada Radar Depok.

Di usia anak-anak, sambung Nunung, banyak jenis makanan yang dikonsumsi dan tidak terpantau orangtuanya, terutama coklat, permen dan lainnya.

“Untuk itu, kita juga memberikan sosialisasi kepada orang tua untuk selalu memantau apa yang di konsusmsi oleh sang anak, serta mengajarkan kebiasaan rutin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur,” tuturnya.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga akan akan disosialisasikan di seluruh Posyandu dan Posbindu hingga ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kelurahan Cisalak Pasar.

“Kita akan benar-benar turun langsung ke masyarakat, untuk mensosialisasikan UKGM iini, agar seluruh masyarakat dapat mengetahui dan menerapkan cara merawat serta menyikat gigi dengan benar,” tuturnya.

Nunung pun menghimbau agar masyarakat teratur memeriksa kesehatan giginya sebulan sekali, untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga menghimbau, kepada masyarakat agar mengganti sikat gigi tiga bulan sekali, demi menjaga kesehetan gigi dan mulut,” pungkasnya. (rd)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah (IG : @lutviatulfauziah)

Editor : Pebri Mulya